CITRA DIRI SEBAGAI KOMODITI (STUDI PADA : SELEBGRAM INDRA GUSTI, MUHAMMAD RONALDO, DAN M BEFERLY A)

NADHIFA ANNISA SATRIOPUTRI, . (2020) CITRA DIRI SEBAGAI KOMODITI (STUDI PADA : SELEBGRAM INDRA GUSTI, MUHAMMAD RONALDO, DAN M BEFERLY A). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini secara garis besar memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembentukan citra diri pada selebgram yang mengacu pada konsensus mengenai media sosial Instagram yang ternyata merupakan bentuk komodifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif dilakukan dengan pengumpulan data pada suatu latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Pendekatan penelitian yang peneliti pilih untuk penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah selebgram atau “selebriti instagram” yang telah melakukan kegiatan endorsemen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selebgram berusaha memenuhi konsensus yang diciptakan masyarakat mengenai selebgram yang ideal dengan berbagai cara seperti melakukan kegiatan endorsemen, masuk kedalam manajemen selebgram, selalu tampil menarik melalui gaya berpakaiannya, merawat tubuhnya, dan terus membuat konten menarik untuk membentuk citra pada dirinya. Kemudian berdasarkan bentuk kegiatan komodifikasi citra pada diri selebgram Kegiatan-kegiatan ini sengaja dilakukan oleh setiap selebgram. Citra yang terbentuk adalah komoditas yang memiliki nilai ekonomi dan dapat diperjual belikan. Tolak ukur keberhasilan pembentukan citra diri seorang selebgram hanya dapat dilihat dari sisi banyaknya jumlah followers dan keuntungan secara materi yang ia terima melalui kegiatan endorsemen. Namun, kegiatan pembentukan citra diri ini seringkali mengabaikan aspek lain yaitu sosial, psikologi, dan ekonomi. Karena demi membentuk citra tersebut, selebgram harus mengorbankan banyak hal untuk menjadi selebgram dengan citra yang bagus dan memiliki nilai komoditas yang tinggi. Kata kunci: Selebgram, Konsensus, Komodifikasi This research broadly aims to describe the activities of forming self-image on a celebgram that refers to the consensus on Instagram social media which turned out to be a form of commodification. The method used in this research is qualitative method. The qualitative method is carried out by collecting data on a natural setting with the intention of interpreting phenomena that occur where the researcher is a key instrument. The research approach is a case study. Research subjects are celebgrams or "celebrity instagram" who have done endorsement activities. The results of this study indicates that celebrities try to comply the consensus created by the community about ideal celebrities in various ways such as carrying out endorsement activities, entering into management of celebrities, always appearing attractive through their style of dress, caring for their body, and continuing to create interesting content to shape their image. Then based on the form of the activity of commodification of the image in selebgram These activities are deliberately carried out by each celebrity. The image formed is a commodity that has economic value and can be traded. Benchmarks for the success of forming a celebrity's self-image can only be seen in terms of the large number of followers and material benefits he receives through endorsement activities. However, this self-image formation activity often ignores other aspects namely social, psychological, and economic. Because for the sake of shaping the image, celebrities must sacrifice many things to become celebrities with a good image and have a high commodity value. Keywords: Celebgram, Consensus, Commodification

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Abdul Rahman Hamid, SH., MH 2. Marista Christina Shally Kabelen S.Fil., M.Hum
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 467 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2020 14:41
Last Modified: 04 Mar 2020 14:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3697

Actions (login required)

View Item View Item