HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN PERFORMA AKADEMIK PADA SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL HAMID

KIRANA ARTHA KHAFIFAH, . (2022) HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN PERFORMA AKADEMIK PADA SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL HAMID. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan performa akademik pada santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Hamid. Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sampel sebanyak 155 santri. Pengambilan data menggunakan instrumen Educational Stress Scale (Sun et al., 2011). Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Pearson Product Moment dan menghasilkan nilai r sebesar 0,189. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dilihat bahwa santri yang mengalami stres justru akan semakin termotivasi untuk belajar lebih giat. Semakin tinggi stres atau tekanan yang santri rasakan selama proses pembelajaran maka santri akan semakin terpacu untuk lebih rajin dalam belajar dan lebih baik dalam pengerjaan tugas tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini tentu saja akan membuat nilai akademik santri menjadi lebih baik. Stres yang santri alami merupakan stres positif atau eustress. Stres positif membuat santri tidak menyerah dengan tekanan yang ia alami namun sebaliknya, stres positif akan membawa rasa semangat dan keinginan untuk berjuang menghadapi tekanan tekanan akademik ***** The Relationship Between Academic Stress and Academic Performance in Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Hamid. Family Welfare Education, Faculty of Engineering, Jakarta State University. This study aims to determine the relationship between academic stress and academic performance in students of Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Hamid. This study uses a survey method. The sampling technique used simple random sampling with a sample of 155 students. Data collection used the Educational Stress Scale instrument (Sun et al., 2011). The data analysis used is the Pearson Product Moment correlation test and produces an r value of 0.189. Based on these results, it can be seen that students who experience stress will actually be more motivated to study harder. The higher the stress or pressure that students feel during the learning process, the more motivated students will be to be more diligent in learning and better at carrying out the assignments given by the teacher. This of course will make students' academic grades better. The stress that students experience is positive stress or eustress. Positive stress makes students not give up with the pressure they experience but on the contrary, positive stress will bring a sense of enthusiasm and desire to fight against academic pressures.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. ; 2). Vania Zulfa, M.Pd.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 16919 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:30
Last Modified: 27 Feb 2023 02:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37137

Actions (login required)

View Item View Item