PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUKU KATA (KUKA) BERBASIS ANDROID UNTUK MEMBACA PERMULAAN BAGI PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR

SAFRIDA ASTIA NINGRUM, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SUKU KATA (KUKA) BERBASIS ANDROID UNTUK MEMBACA PERMULAAN BAGI PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Media Pembelajaran Suku Kata (KUKA) dirancang melalui analisa kebutuhan dan kemampuan peserta didik lamban belajar, dan permasalahan yang terdapat di SDN Rambutan 01 Pagi. Media pembelajaran Suku Kata (KUKA) dikembangkan untuk menggabungkan penggunaan multimedia dan pendidikan yang menyajikan teks, audio, dan gambar. melalui tahapan membaca permulaan, media pembelajaran suku kata (kuka) di visualisasikan dalam bentuk permainan dan dapat digunakan dalam telepon genggam. penelitian ini menggunakan model pengembangan PPE (Perencanaan, Produksi, dan Evaluasi) yang dikembangkan oleh Richey dan Klein. penelitian ini menggunakan teknik evaluasi expert review dan uji one to one. pada teknik evaluasi expert review dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli lamban belajar dengan memperoleh hasil rerata 88,9% (sangat baik) dan uji one to one dilakukan oleh SR, MRF, dan MH sebagai peserta didik lamban belajar dengan memperoleh hasil rerata 92,4% (sangat baik). berdasarkan pemerolehan data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran suku kata (kuka) layak di gunakan oleh peserta didik, guru, orang tua, dan masyarakat. **** Syllable Learning Media (KUKA) is designed through Analysis of the Needs and Abilities of Slow Learners and Problems in SDN Rambutan 01 Pagi. Syllable Learning Media (KUKA) was developed to combine the use of multimedia and education that presents text, audio, and images. Through the initial reading stage, the syllable learning media (KUKA) is visualized in the form of a game and can be used on mobile phones. The research uses a PPE (Planning, Production, and Evaluation) developed by Richey and Klein. The research uses an expert view evaluation technique and one to one test. The expert review evaluation technique is carried out by media experts, material experts, and slow learners by obtaining an average result of 88,9% (very good) and the One to one test conducted by SR, MRF, and MH that providing by students by obtaining an average result of 92,4% (very good). Based on data acquisition, it can be concluded that the syllabic learning media (KUKA) is suitable for use by students, teachers, parents, and the community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc ; 2). Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 16914 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:47
Last Modified: 01 Mar 2023 02:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37588

Actions (login required)

View Item View Item