PENGEMBANGAN E-BOOKLET "DAFTAR MERAH SATWA DI INDONESIA" SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DALAM MENINGKATKAN SIKAP KONSERVASI PESERTA DIDIK SMP

WINDI ROSARIYANTIKA, . (2023) PENGEMBANGAN E-BOOKLET "DAFTAR MERAH SATWA DI INDONESIA" SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DALAM MENINGKATKAN SIKAP KONSERVASI PESERTA DIDIK SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (759kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan berpengaruh sangat besar terhadap penggunaan media yang digunakan di sekolah sehingga media atau suplemen pembelajaran di sekolah dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Berdasarkan data terbaru dari penelitian oleh IUCN terdapat sekitar 2,42% spesies satwa di dunia yang terdapat di Indonesia mengalami penurunan akibat ancaman kepunahan. Keadaan tersebut dikarenakan rendahnya sikap konservasi di kalangan masyarakat khususnya peserta didik tingkat SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji kelayakan e-booklet sebagai suplemen pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati dalam meningkatkan sikap konservasi peserta didik SMP. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model ASSURE. Pada uji kelayakan dilakukan dalam aspek materi, media, bahasa dan pembelajaran yang masing-masing dilakukan oleh dua validator. Pada tahap uji kelayakan e-booklet yang dikembangkan memperoleh nilai sebesar 92% untuk aspek materi, 94% untuk aspek media, 75% untuk aspek bahasa dan 98% untuk aspek pembelajaran. Selanjutnya, dilakukan uji coba lapangan pada aspek keefektifan yang dilakukan pada 34 peserta didik kelas VIII di SMP Labschool Jakarta. Berdasarkan hasil pretest dan posttest sikap konservasi peserta didik diperoleh nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 0,42 dengan kategori peningkatan sedang. Artinya, rata-rata peserta didik mengalami peningkatan sikap konservasi pada tingkat sedang setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media e-booklet. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-booklet berjudul “Daftar Merah Satwa di Indonesia” layak untuk digunakan sebagai suplemen pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati di sekolah dan mampu meningkatkan sikap konservasi pada peserta didik SMP. Advances in technology and science have a very big influence on the use of media used in schools so that media or learning supplements in schools are required to keep up with technological developments. Based on the latest data from research by IUCN, there are around 182 species of animals in Indonesia that have decreased and even are in the endangered zone. This situation is due to the low attitude of conservation among the community, especially junior high school students. Based on this background, this study developed an e-booklet as a learning supplement to biodiversity materials. The development model used in this research is ASSURE model. Feasibility tests are carried out on aspects of material, media, language and learning, each of which is carried out by two validators. In the feasibility test stage, it obtained a score of 92% for the material aspect, 94% for the media aspect, 75% for the language aspect and 98% for the learning aspect. Furthermore, field trials were carried out on the aspects of effectiveness carried out on class VIII students of SMP Labschool Jakarta as many as 34 students. This means that the average student experiences an increase in conservation attitudes at a moderate level after learning using e-booklet media. Thus, it can be concluded that the e-booklet entitled "Red List of Animals in Indonesia" is suitable for use as a learning supplement to biodiversity materials in schools and is able to improve conservation attitudes in junior high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Suryanda, S. Pd., M. Si. ; 2). Dr. Ratna Komala, M. Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 17318 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2023 05:23
Last Modified: 02 Mar 2023 05:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37706

Actions (login required)

View Item View Item