PENGARUH KEPRIBADIAN DAN PENGETAHUAN TENTANG ISU-ISU LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB LINGKUNGAN

MEITIYANI, . (2023) PENGARUH KEPRIBADIAN DAN PENGETAHUAN TENTANG ISU-ISU LINGKUNGAN TERHADAP PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB LINGKUNGAN. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepribadian dan pengetahuan tentang isu-isu lingkungan terhadap perilaku bertanggungjawab lingkungan siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode expost facto dan desain 2x2 factorial. Penelitian ini melibatkan 101 responden siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan periaku bertanggung jawab antara siswa-siswa yang memiliki kepribadian akurat dibandingkan dengan mereka yang memiliki kepribadian tidak akurat. Temuan ini membuktikan bahwa kepribadian siswa berpengaruh terhadap perilaku bertanggungjawab lingkungan siswa. Terdapat perbedaan perilaku bertanggungjawab lingkungan antara kelompok siswa yang memiliki pengetahuan tentang isu-isu lingkungan tinggi dengan siswa berpengetahuan rendah, namun temuan ini terjadi secara by chance (kebetulan), sehingga pengaruhnya pada saat ini dapat diabaikan. Terdapat pengaruh interaksi antara kepribadian siswa dan pengetahuan siswa tentang isu-isu lingkungan terhadap perilkau bertanggungjawab lingkungan siswa, namun pengaruhnya juga karena kebetulan), sehingga pengaruhnya pada saat ini dapat diabaikan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa perilaku bertanggungjawab lingkungan siswa dipengaruhi oleh kepribadian mereka tanpa perlu memperhatikan tingkat pengetahuan siswa tentang isu-isu lingkungan, yang memang terbukti pengetahuan tentang isu-isu lingkungan memiliki pengaruh secara kebetulan terhadap perilaku bertanggungjawab siswa. Sehingga dalam implikasi temuan-temuan penelitian tersebut, faktor kepribadian hendaknya memperoleh pertimbangan utama ketika berbicara tentang perilaku bertanggungjawab siswa, khususnya dalam partisipasi siswa memberikan kontribusi tercapainya SDGs secara masif. Kata kunci: perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan, kepribadian, pengetahuan tentang isu-isu lingkungan

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Made Astra, M.Si.; 2). Dr. Desy Safitri, M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Lingkungan
Depositing User: Users 17479 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2023 06:09
Last Modified: 02 Mar 2023 06:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/37729

Actions (login required)

View Item View Item