PENGARUH KEAKTIFAN ORGANISASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

FEBI FERDIAN FARHAN, . (2023) PENGARUH KEAKTIFAN ORGANISASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi pada mahasiswa bidikmisi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Sampel pada penelitian ini berjumlah 90 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dengan range skala likert. Prestasi Belajar (Y), Keaktifan Organisasi (X1) dan Motivasi Belajar (X2) merupakan data primer. Data dianalisis dengan teknik regresi berganda menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution). Teknik analisis yang digunakan terdiri dari uji persyaratan analisis (uji normalitas dan linearitas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskedastistas), persamaan regresi berganda, uji F dan uji T. Uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov pada kedua variabel bernilai 0,200. Dengan hasil uji linearitas pada keaktifan organisasi dan motivasi belajar bernilai 0,000. Uji multikolinearitas variabel keaktifan organisasi nilai tolerance 0,562 >0,1 dan nilai VIF 1,780 <10, variabel motivasi belajar nilai tolerance 0,562 >0,1 dan nilai VIF 1,780 <10. Uji heteroskedastisitas pada variabel keaktifan organisasi sig sebesar 0,530 >0,05 dan variabel motivasi belajar sig sebesar 0,398 >0,05. Uji F bernilai 72,027 dan uji T pada variabel keaktifan organisasi bernilai 3,620 dan variabel motivasi belajar bernilai 4,284. Hasil persamaan regresi berganda adalah Y = 3,389 + 0,363(X1) + 0,321(X2) dari persamaan tersebut pengaruh dari keaktifan organisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar memiliki pengaruh dengan arah positif dan signifikan. Hasil koefisiensi determinasi (R2) adalah 0,723 yang mengartikan bahwa 72,3% variabel prestasi belajar berhubungan secara simultan dapat dijelaskan oleh keaktifan organisasi dan motivasi belajar sedangkan sisanya sebesar 27,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh Peneliti. ***** This study aims to determine the effect of organizational activity and learning motivation on learning achievement. This study used a survey method with a quantitative approach with a population of bidikmisi students at the Faculty of Economics, State University of Jakarta. The sample in this study amounted to 90 respondents. Data collection was carried out using a questionnaire method with a Likert scale range. Learning Achievement (Y), Organizational Activity (X1) and Learning Motivation (X2) is primary data. Data were analyzed using multiple regression techniques using the SPSS (Statistical Product and Service Solution) program. The analysis technique used consists of a requirements test analysis (test for normality and linearity), classical assumption test (multicollinearity test and heteroscedasticity test), multiple regression equation, F test and T test. Normality test with Kolmogorov Smirnov on both variables has a value of 0.200. With the results of the linearity test on organizational activity and learning motivation worth 0.000. Multicollinearity test of organizational activity variable tolerance value 0.562 > 0.1 and VIF value 1.780 <10, learning motivation variable tolerance value 0.562 > 0.1 and VIF value 1.780 <10. The heteroscedasticity test on the variable of sig organizational activity was 0.530 > 0.05 and the learning motivation variable was sig 0.398 > 0.05. The F test is worth 72.027 and the T test on the variable of organizational activity is worth 3.620 and the learning motivation variable is worth 4.284. The result of the multiple regression equation is Y = 3.389 + 0.363(X1) + 0.321(X2) from the equation the effect of organizational activity and learning motivation on learning achievement has a positive and significant influence. The result of the coefficient of determination (R2) is 0.723 which means that 72.3% of the learning achievement variables are related simultaneous can be explained by the organizational activity and learning motivation while the remaining 27.7% is influenced by other factors not examined by researchers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Osly Usman, SE., M.Bus Syst ; 2). Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 17906 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:49
Last Modified: 10 Mar 2023 02:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38335

Actions (login required)

View Item View Item