PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN ELEKTRONIK MEMERIKSA KURIKULUM UNTUK STAF AKADEMIK DI POLITEKNIK TEMPO

SATRIO BIMANTORO, . (2023) PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN ELEKTRONIK MEMERIKSA KURIKULUM UNTUK STAF AKADEMIK DI POLITEKNIK TEMPO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan buku panduan elektronik yang dapat memfasilitasi tenaga kependidikan Bagian Akademik di Politeknik Tempo dalam memeriksa kesesuaian kurikulum yang telah dikembangkan oleh program studi dengan kriteria-kriteria pendidikan tinggi vokasi. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan bahan ajar mandiri yang dirancang oleh Rowntree. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan tiga tahapan besar, yakni perencanaan, persiapan penulisan, serta penulisan dan penyuntingan tanpa melaksanakan langkah ke-7 pada tahap kedua, yakni langkah merumuskan bentuk fisik. Evaluasi yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari review oleh ahli dan uji coba one to one yang melibatkan seorang ahli materi, seorang ahli media, serta tiga orang pengguna. Skor yang diperoleh dari ahli materi adalah 3.50 (sangat baik), selanjutnya skor yang diperoleh dari ahli media adalah 3.87 (sangat baik). Selanjutnya, rata-rata skor yang diperoleh dari uji coba one to one sebesar 3.81 (sangat baik). Berdasarkan skor yang diperoleh dari review oleh ahli serta uji coba one to one, buku pedoman yang telah dikembangkan dinilai sangat baik dan layak digunakan sebagai fasilitas belajar yang dapat digunakan secara mandiri dalam memeriksa kurikulum untuk Bagian Akademik di Politeknik Tempo. This development research aims to produce a electronic guidebook that can facilitate the academic staff of the Politeknik Tempo in ensuring the suitability of the curriculum that has been developed by the study program with the criteria for higher vocational education. This development research adapted the self-learning material development model designed by Rowntree. This research was carried out by implementing three major stages, namely planning, writing preparation, and writing and editing without carrying out the 7th step in the second stage, namely the step of formulating a physical form. The evaluation carried out in this study consisted of expert reviews and one-to-one trials involving a material expert, a media expert, and three users. The score obtained from the material expert was 3.50 (very good), then the score obtained from the media expert was 3.87 (very good). Furthermore, the average score obtained from the one to one trial was 3.81 (very good). Based on the scores obtained from expert reviews and one-on-one trials, the handbook that has been developed is considered very good and suitable for use as a learning facility that can be used independently in checking the curriculum for the Academic Section at the Politeknik Tempo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Cecep Kustandi, M.Pd. ; 2). Dr. RA Murti Kusuma Wirasti, S.IP, M.Si
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 18006 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2023 01:45
Last Modified: 16 Mar 2023 01:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38513

Actions (login required)

View Item View Item