PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOCRATIVE BERBASIS E-LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 JAKARTA PADA SUBTOPIK MEINE FAMILIE

CAECILIA ROSALINA, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOCRATIVE BERBASIS E-LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 JAKARTA PADA SUBTOPIK MEINE FAMILIE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (984kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform Socrative berbasis e-learning terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman pada subtopik meine Familie peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen pre-test post-test control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang mempelajari bahasa Jerman di SMA Negeri 6 Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu penggunaan platform Socrative sebagai variabel bebas dan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa dalam subtopik meine Familie. sebagai variabel terikat. Uji-T digunakan sebagai perhitungan analisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung 2,662 lebih besar dari t-tabel 1,998 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar penguasaan kosakata bahasa Jerman pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Jakarta. Berdasarkan dari hasil penghitungan dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa platform Socrative dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman, khususnya dalam pembelajaran kosakata dengan menggunakan soal latihan yang berbentuk permainan kuis di Socrative. This study aims to determine the effect of using the Socrative platform on the mastery of German vocabulary on the subtopic meine Familie of XI grade students of SMA Negeri 6 Jakarta. This research is a quantitative study with a True-Experimental design and a Pretest-Posttest Control Group Design pattern. The population of this study were all students of grade XI who studied German at SMA Negeri 6 Jakarta. The sampling technique was carried out using Simple Random Sampling technique and then obtained XI MIPA 2 class as the experimental class and XI MIPA 4 as the control class. This study consists of 2 variables, namely the use of the Socrative as the independent variable and the ability of students' German vocabulary mastery in the subtopic meine Familie as the dependent variable. T-test was used as data analysis calculation in this research. The results showed that t-count value 2.662 was greater than t-table value 1.998 with significance level α = 0.05. Based on the calculation results, it can be said that Ha is accepted and H0 is rejected. Therefore, it can be concluded that Socrative can be used in learning German, especially in learning vocabulary by using quiz games in Socrative.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rr. Kurniasih RH, M.A. 2). Fauzan Adhima, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 17706 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:43
Last Modified: 10 Apr 2023 01:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38599

Actions (login required)

View Item View Item