EVALUASI VIDEO DI MEDIA SOSIAL MATA PELAJARAN IPS MATERI “KEADAAN ALAM INDONESIA” UNTUK SISWA KELAS VII SEMESTER I TINGKAT SMP/MTS

SYUROYAH, . (2023) EVALUASI VIDEO DI MEDIA SOSIAL MATA PELAJARAN IPS MATERI “KEADAAN ALAM INDONESIA” UNTUK SISWA KELAS VII SEMESTER I TINGKAT SMP/MTS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan umum yaitu untuk memilih salah satu media video di media sosial mata pelajaran IPS materi “Kondisi Alam Indonesia” dan bertujuan khusus menilai tiga video di media sosial. Jenis evaluasi yang digunakan adalah evaluasi sumatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar evaluasi sumatif atau angket yang diisi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media dan 26 pengguna. Skala penilaian yang digunakan adalah rubrik analitik dengan skor 1-4. Hasil penelitian dari tiga media video di media sosial mata pelajaran IPS materi “Kondisi Alam Indonesia” yang didapatkan dari hasil rata-rata skor yang diberikan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media dan 26 pengguna yaitu video 1 mendapatkan skor 3.2 (sangat baik), video 2 mendapatkan skor 3.3 (sangat baik) dan video 3 mendapatkan skor 3.4 (sangat baik) dan berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti menyarankan video 3 sebagai video pembelajaran untuk dimanfaatkan oleh guru selama penyampaian materi mata pelajaran IPS materi “Kondisi Alam Indonesia”. This evaluation research has a general purpose is to choose one of the 3 most viewed learning videos on social media for social studies subject matter “The Environment of Indonesia" and the specific purpose is to evaluate three learning videos on social media. The type of evaluation is a summative evaluation, the data collection technique is using a summative evaluation sheet or questionnaire filled in by 1 subject matter expert, 1 media expert and 26 users. The rating scale used is an analytic rubric with a score of 1-4. The results of the research from three learning video media on social media subject matter "Kondisi Alam Indonesia" obtained from the average score given by 1 material expert, 1 media expert and 26 users. Video 1 obtained an average value of 3.2 (very good), video 2 obtained an average value of 3.3 (very good) and video 3 obtained an average value of 3.4 (very good) and based on the data analysis conducted by the researcher suggested video 3 as a learning video to using by teachers during the delivery of social studies subject material "Kondisi Alam Indonesia".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti, M.Pd ; 2). Retno Widyaningrum, S.Kom M.M
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 18013 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2023 01:35
Last Modified: 27 Mar 2023 01:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38731

Actions (login required)

View Item View Item