EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS MATERI BENCANA BANJIR DI KELAS IV SDN PETAMBURAN 05, KELURAHAN PETAMBURAN, JAKARTA PUSAT

KIREINA OEMARDI LARASATI ZAIN, . (2022) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS MATERI BENCANA BANJIR DI KELAS IV SDN PETAMBURAN 05, KELURAHAN PETAMBURAN, JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran mengakibatkan proses belajar mengajar menjadi kurang efektif. Selain dari segi kurangnya pendukung belajar, SDN Petamburan 05 juga merupakan salah satu sekolah dasar di Kelurahan Petamburan yang berada di wilayah rawan bencana banjir. Media pembelajaran berupa infografis merupakan salah satu media dimana data dalam jumlah besar dapat dengan mudah dipahami dan diingat, dengan memanfaatkan visualisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan infografis dalam pembelajaran materi bencana banjir. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelompok atau kelas yang tidak dipilih secara acak atau melalui purposive sampling, dan dilaksanakan pada Desember 2021 sampai Mei 2022. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan media infografis dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan media infografis secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode ceramah. Pada kelas eksperimen rata-rata nilai pre-test adalah 70,00, dan rata-rata nilai post-test untuk kelas eksperimen adalah 87,11, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nlai pre-test adalah 69,77, dan ratarata nilai post-test adalah 80,68. Hasil pengujian Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan posttest, dengan nilai signifikansi 0,038 atau 0,05 serta hasil t tabel > t hitung, atau 2,136 > 2,013, yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis menggunakan uji N-Gain bahwa penggunaan media pembelajaran infografis pada materi bencana banjir pada kelas eksperimen dinyatakan cukup efektif dengan nilai 58,7841 persen, sedangkan tidak efektif pada kelas kontrol dengan nilai 36.0049 persen. ***** The lack of use of learning media resulted in the teaching and learning process being less effective. Apart from the lack of learning support, SDN Petamburan 05 is also one of the elementary schools in Petamburan Village, which is located in a flood-prone area. Learning media in the form of infographics is one of the media where large amounts of data can be easily understood and remembered, by utilizing visualization. This study aims to determine the level of effectiveness of using infographics in learning flood disaster material. This study uses a quasi-experimental research type (quasi-experimental design) in the form of Nonequivalent Control Group Design, which involves two groups or classes that are not selected randomly or through purposive sampling. Based on the sampling, it was obtained that class IV A as the experimental class was given treatment in the form of learning using infographic media and class IV B as the control class with conventional methods. The findings of this study indicate that the average learning outcomes of the experimental class with learning using infographic media are significantly higher than the control class which only uses the lecture method. In the experimental class the average pre-test score was 70.00, and the average post-test score for the experimental class was 87.11, while in the control class the average pre-test score was 69.77, and the average the average post-test score was 80.68. The results of the Independent Sample TTest test show that there is a significant difference between the pre-test and post-test scores, with a significance value of 0.038 or 0.05 and the results of t table > t arithmetic, or 2.136 > 2.013, which indicates that H0 is rejected and Ha accepted. Based on the analysis using the N-Gain test, the use of infographic learning media on flood disaster material in the experimental class was declared quite effective with a value of 58.7841 percent, while it was not effective in the control class with a value of 36,0049 percent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muzani Jalaludin, Dipl-Eng.,M.Si. ; 2). Dr. Aris Munandar, S.Pd.,M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 15233 not found.
Date Deposited: 29 May 2023 00:34
Last Modified: 29 May 2023 00:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38848

Actions (login required)

View Item View Item