PERILAKU KONSUMSI DALAM PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (STUDI KASUS: 10 REMAJA AKHIR DI GADING WALK)

INTAN RAMADHANI, . (2023) PERILAKU KONSUMSI DALAM PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (STUDI KASUS: 10 REMAJA AKHIR DI GADING WALK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy

Abstract

Intan Ramadhani, Perilaku Konsumsi dalam Penggunaan Dompet Digital (Studi Kasus: 10 Remaja Akhir di Gading Walk) Skripsi, Jakarta: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena cashless yang terjadi pada 10 remaja akhir pengguna dompet digital hingga berdampak ke perilaku konsumsinya dan bentuk-bentuk perilaku konsumsinya dalam penggunaan dompet digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Gading Walk, Mall Kelapa Gading. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2022 sampai September 2022 dengan subjek penelitian 10 remaja akhir pengguna dompet digital. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori masyarakat konsumtif oleh Jean Baudrillard yang memiliki asumsi bahwa konsumsi adalah tindakan sistematis dalam memanipulasi tanda, dan untuk menjadi objek konsumsi, objek harus mengandung atau menjadi tanda. Inti dari teori tersebut adalah memperdebatkan makna dengan realitas. Hasil penelitian ini adalah perkembangan fenomena cashless dirasakan pada 10 remaja akhir dengan mereka mengikuti dari perkembangan awal hadirnya pembayaran cashless hingga saat ini. Hal ini karena penggunaan cashless memberikan kemudahan dan keuntungan pada penggunanya. Namun dari kedua hal tersebut, justru memberikan dampak, yaitu perubahan pola konsumsi yang mengarah pada konsumerisme. Kemudian juga membentuk perilaku konsumtif, yaitu mengikuti tren yang ada, pembelian yang impulsif, dan hingga penggunaan dompet digital menjadi gaya hidup. Tidak hanya itu, dari kemudahan dan keuntungan juga menyebabkan mereka membeli karena berdasarkan keinginan hasrat dan membuat mudahnya mereka untuk mengeluarkan uang Kata kunci : Fenomena Cashless, Perilaku Konsumsi, Dompet Digital ************* Intan Ramadhani, Consumption Behavior in Using Digital Wallet (Case Study: 10 Late Teenagers on Gading Walk) Undergraduate Thesis, Jakarta: Sociology Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2023. This study aims to determine the cashless phenomenon that occurs in 10 adolescents who end up using digital wallets so that it has an impact on their consumption behavior and forms of consumption behavior in using digital wallets. This study uses a qualitative approach with a case study research method. This research was conducted at Gading Walk, Mall Kelapa Gading. This research was conducted from July 2022 to September 2022 with 10 young people who were digital wallet users as research subjects. Data collection is done by interview, observation, and documentation. This study uses the theory of a consumptive society by Jean Baudrillard which assumes that consumption is a systematic act of manipulating signs, and to become an object of consumption, an object must contain or be a sign. The essence of the theory is to debate meaning with reality. The results of this study are that the development of the cashless phenomenon is felt in 10 late adolescents by following them from the initial development of the presence of cashless payments to the present. This is because the use of cashless provides convenience and benefits to its users. However, these two things actually have an impact, namely changes in consumption patterns that lead to consumerism. Then it also forms consumptive behavior, namely following existing trends, impulsive purchases, and until the use of digital wallets becomes a lifestyle. Not only that, from the convenience and profit it also causes them to buy because it is based on desire and makes it easy for them to spend money. Keywords : Cashless Phenomenon, Consumption Behavior, E-Wallet

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marista Christina Shally Kabelen, S.Fil.,M.Hum. ; 2). Dr. Asep Suryana, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 18363 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2023 00:21
Last Modified: 18 Aug 2023 00:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39061

Actions (login required)

View Item View Item