Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Pantun pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar

YUDHI BAGASTIAN, . (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Pantun pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (615kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pantun memiliki banyak maanfaat. Di dalamnya terdapat nilai-nilai karakter, sosial, dan budaya yang hidup di tengah masyarakat. Namun, seiring waktu pantun mulai ditinggalkan generasi muda. Meskipun di sekolah dasar khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia ada kompetensi dasar materi pantun, hal ini belum menunjukkan pemahaman dan kesenangan siswa terhadap pantun. Salah satu faktor tersebut adalah karena minimnya media pada pembelajaran pantun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran materi pantun berbasis literasi budaya pada pembelajaran Bahsa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitan ini adalah Research and Development (RnD) menggunakan model Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation (ADDIE). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru, pakar ahli materi dan bahasa, serta ahli validasi media. Sedangkan objek penelitian adalah media modul pembelajaran materi pantun berbasis literasi budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan ini memperoleh presentase 95,83% dengan interpretasi sangat layak dari ahli media, 95% dari ahli bahasa, dan 100% dari ahli materi. Selain itu, guru sebagai praktisi juga memberikan angket atau kuesioner dengan perolehan skor 100%. Guru berharap agar modul ini dapat dikembangkan dan disebarluaskan karena sangat bermanfaat dan menyenangkan, serta memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Keywords: modul pembelajaran, pantun, bahasa Indonesia, siswa SD ABSTRACT Pantun has many benefits. It contains character, social and cultural values that live in society. However, over time the pantun began to be abandoned by the younger generation. Even though in elementary schools, especially in learning Indonesian language, there are basic competencies in pantun material, this does not yet show students' understanding and enjoyment of pantun. One of these factors is due to the lack of media in learning pantun. For this reason, this study aims to develop a learning module for pantun material based on cultural literacy in learning Indonesian for fifth grade Elementary School. This type of research is Research and Development (RnD) using the Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation (ADDIE) model. The subjects of this study were students and teachers, material and language experts, and media validation experts. While the object of research is the learning media module for pantun material based on cultural literacy. The results of this study indicate that the developed module obtained a percentage of 95,83% with very proper interpretation from media experts, 90% from linguists, and 95% from material experts. In addition, the teacher as a practitioner also provides a questionnaire with a score of 100%. Teachers hope that this module can be developed and disseminated because it is very useful and fun, and provides meaningful learning for students. Keywords: Learning module, pantun, Indonesian language, Elementary School students

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1.) Prof. Dr. Herlina, M.Pd 2.) Dr. Tuti Tarwiyah Adi, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 18316 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:13
Last Modified: 21 Aug 2023 01:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39200

Actions (login required)

View Item View Item