STRATEGI SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA (STUDI DESKRIPTIF DI SMP NEGERI 172 JAKARTA)

ERLITA FIRDANTI, . (2023) STRATEGI SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA (STUDI DESKRIPTIF DI SMP NEGERI 172 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (916kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (780kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui tentang strategi sekolah dalam pembentukan karakter Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 172 Jakarta. (2) Mengetahui kendala dalam strategi sekolah dalam pembentukan karakter Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 172 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 172 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala SMP Negeri 172 Jakarta, Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Tim Inti P5, guru mata pelajaran, dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Strategi sekolah dalam pembentukan karakter Pelajar Pancasila di SMP Negeri 172 Jakarta dilakukan melalui 3 cara, yaitu melalui peraturan sekolah, kegiatan kesiswaan, dan kegiatan intrakurikuler di dalam kelas serta kegiatan kokurikuler melalui P5. (2) Kendala dalam strategi sekolah dalam pembentukan karakter Pelajar Pancasila di SMP Negeri 172 Jakarta terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari guru dan peserta didik. Sedangkan faktor eksternal berasal dari kondisi ekonomi orang tua peserta didik, pola asuh orang tua, lingkungan pertemanan, dan penggunaan sosial media. Kata Kunci: Strategi, Karakter, Pelajar Pancasila. This study aims to: (1) Knowing the school's strategy in building the character of Pancasila students in the Merdeka Curriculum at SMP Negeri 172 Jakarta. (2) Knowing the obstacles in the character building strategy of Pancasila Students in the Merdeka Curriculum at SMP Negeri 172 Jakarta. This research was conducted at SMP Negeri 172 Jakarta. The research method used is descriptive. Data collection techniques through interviews, observation, documentation and literature studies. The subjects in this study were the Principal of SMP Negeri 172 Jakarta, Vice Principal for Academic Affairs, Deputy Principal for Student Affairs, P5 Core Team, and subject teachers. The results of this study shows that: (1) The school's strategy in building the character of Pancasila students at SMP Negeri 172 Jakarta is carried out in 3 ways, namely through school regulations, student activities, and intra-curricular activities in the classroom and co-curricular activities through P5. (2) Obstacles in the school's strategy in building the character of Pancasila students at SMP Negeri 172 Jakarta consist of internal factors and external factors. Internal factors come from teachers and students. While external factors come from the economic conditions of students' parents, parenting patterns, friendship environment, and social media use. Keywords: Strategy, Character, Pancasila Students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si. ; 2). Sujarwo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 18512 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 05:06
Last Modified: 21 Aug 2023 05:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39249

Actions (login required)

View Item View Item