AULIA RAHMAH, . (2023) IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KETERATURAN SOSIAL (STUDI KASUS: PROGRAM DAKWAH DAN PENGENALAN MASYARAKAT (PDPM) DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL UMAM, PONDOK LABU, JAKARTA SELATAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (292kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (447kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan, mendeskripsikan konteks sosial pada PDPM di Madrasah Aliyah Miftahul Umam, mendeskripsikan bentuk pengembangan PDPM di Madrasah Aliyah Miftahul Umam, implikasi pengembangan PDPM dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Miftahul Umam.. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara secara mendalam, dokumentasi, dan studi pustaka pada dokumen terkait. Penelitian ini menggunakan konsep struktural fungsional dan hidden curriculum oleh Emile Durkheim.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang Madrasah Aliyah Miftahul Umam membentuk program dakwah dan pengenalan masyarakat sebagai program salah satu dari kegiatan dalam kurikulum Madrasah Aliyah Miftahul Umam ini tidak hanya sekedar sebuah program. Tetapi program ini menjadi acuan dalam mengembangkan kurikulum yang terdapat di Madrasah Aliyah Miftahul Umam. implikasi dari adanya pengembangan program dakwah dan pengenalan masyarakat adalah dengan mengembangkan struktur mata pelajaran yang ditempuh siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Selain itu dalam mengembangkan program ini terdapat beberapa tahap yang dilakukan seperti, perumusan masalah, penetapan program ,perumusan tujuan, penentuan kelompok sasaran, indetifikasi sumber dan tenaga,penentuan jadwal kegiatan dan evaluasi. Konteks sosial yang terkandung dalam program ini adalah peran masyarakat dalam mendukung dan berkontribusi dalam mengembangkan program dakwah dan pengenalan masyarakat. ***** The study discusses the implementation of the development of the Islamic religious education curriculum in Madrasah Aliyah Miftahul Umam in the PDPM There are three research objectives,Firstdescribes the social context of the PDPM in Madrasah Aliyah Miftahul Umam,second describe the form of PDPM development in Madrasah Aliyah Miftahul Umam,third implications of developing the PDPM in the development of the Islamic religious education curriculum at Madrasah Aliyah Miftahul Umam. This study uses a qualitative approach with descriptive research methods. This study uses primary data through in-depth interviews and secondary data through documentation and literature review. The subjects of this study were nine people from Madrasah Aliyah Miftahul Umam as well as community leaders in the environment around Madrasah Aliyah Miftahul Umam. The findings from the study indicate that the background of Madrasah Aliyah Miftahul Umam is that forming a da'wah program and community introduction as one of the activities in the Madrasah Aliyah Miftahul Umam curriculum is not just a program. But this program is a reference in developing the curriculum contained in Madrasah Aliyah Miftahul Umam. the implication of the development of da'wah programs and community introduction is to develop the structure of the subjects that students take in learning activities in class. In addition, in developing this program, there are several stages carried out, such as problem formulation, program determination, goal formulation, target group determination, resource and personnel identification, activity schedule determination and evaluation. The social context contained in this program is the role of the community in supporting and contributing to developing da'wah programs and community introductions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rakhmat Hidayat, Ph.D. ; 2). Devi Septiandini, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 18463 not found. |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 06:33 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 06:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39266 |
Actions (login required)
View Item |