PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE EARTH BERINTEGRASI DATA USGS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DI SMAN 49 JAKARTA

FARAH FAUZZIYYAH ISNAENI, . (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE EARTH BERINTEGRASI DATA USGS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DI SMAN 49 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 49 Jakarta dengan menggunakan media pembelajaran Google Earth yang berintegrasi data USGS pada materi dinamika litosfer. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Kontrol Group Design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas X.5 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan aplikasi Google Earth dalam proses pembelajaran dan kelas X.6 sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan PowerPoint dalam proses pembelajaran. Instrumen penelitian ini antara lain: instrumen minat belajar peserta didik (Angket Pre-Test & Angket Post-test) dan lembar observasi minat belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yakni uji intrumen, uji sebagai prasyarat analisis data, dan uji analisis data. Instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliabel, serta data dinyatakan normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian, perolehan rata-rata Post-test kelas eksperimen sebesar 81% berkategori Sangat Baik Sekali dan kelas kontrol sebesar 75% berkategori Sangat Baik. Penggunaan media Google Earth yang berintegrasi dengan data USGS (United States Geological Survey) memberikan pengaruh seperti peserta didik menjadi lebih senang, bersemangat, berantusias dan aktif selama diskusi berlangsung. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test diperoleh bahwa taraf signifikansi (Sig.) sebesar (0,006 < 0,05), maka H_0 ditolak dan H_A diterima. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar peserta didik kelas X dengan menggunakan aplikasi Google Earth yang berintegrasi data USGS dan tanpa menggunakan aplikasi Google Earth yang berintegrasi data USGS pada materi dinamika litosfer di SMAN 49 Jakarta. This study aims to determine differences in the learning interests of class X students at SMA Negeri 49 Jakarta by using the Google Earth learning media which integrates USGS data on lithosphere dynamics material. This research is included in the quasi-experimental research with the Nonequivalent Kontrol Group Design that uses an experimental class and a kontrol class. The sampling technique in this study used purposive sampling. The sample used in this study is class X.5 as the experimental class which will use the Google Earth application in the learning process and class X.6 as the kontrol class which will use PowerPoint in the learning process. The research instruments included: students' learning interest instruments (Pre-Test Questionnaire & Post-test Questionnaire) and student learning interest observation sheets. The data analysis techniques used in this study were instrument testing, testing as a prerequisite for data analysis, and data analysis testing. The research instrument is declared valid and reliable, and the data is declared normal and homogeneous. Based on the results of the study, the average Post-test gain for the experimental class was 81% in the Very Good category and the kontrol class was 75% in the Very Good category. The use of Google Earth media that integrates with USGS (United States Geological Survey) data has an effect such that students become happier, excited, enthusiastic and active during the discussion. Data analysis using the Independent Sample T-test showed that the significance level (Sig.) was (0.006 <0.05), then H_0 was rejected and H_A was accepted. So that there is a significant difference in the learning interest of class X students using the Google Earth application which integrates USGS data and without using the Google Earth application which integrates USGS data on lithosphere dynamics material at SMAN 49 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ilham Badaruddin Mataburu, S.Si., M.Si. 2). Lia Kusumawati, S.Si., M-Eng.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 18307 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:34
Last Modified: 21 Aug 2023 06:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39289

Actions (login required)

View Item View Item