PERENCANAAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PJBL UNTUK SISWA KELAS X TEK SMKN 26 JAKARTA

MEILINDA REFIZA, . (2023) PERENCANAAN PEMBELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PJBL UNTUK SISWA KELAS X TEK SMKN 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (952kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy

Abstract

Penulisan makalah komprehensif ini dilatarbelakangi oleh hadirnya kurikulum merdeka belajar sebagai kurikulum terbaru guna meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dikarenakan penerapan kurikulum ini belum merata, maka contoh penulisan dan pembahasannya belum banyak tersedia. Oleh karena itu, penulisan makalah komprehensif ini bertujuan untuk membantu guru terkait penyusunan perencanaan pembelajaran berbentuk Modul Ajar dalam kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika, pada materi ajar Teknik Dasar Merangkai Komponen Elektronika (Soldering dan Desoldering) untuk siswa kelas X, program keahlian Teknik Elektronika Komunikasi, di SMKN 26 Jakarta. Perencanaan pembelajaran perlu disusun berdasarkan kebutuhan siswa, guru dan kondisi sekolah. Pada materi praktikum, menggunakan strategi pembelajaran dengan project based learning menjadi salah satu pilihan karena berpusat pada siswa dan memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan keterampilannya dengan guru sebagai fasilitator dan evaluator yang mengawasi jalannya kegiatan pembelajaran agar sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disusun. Diharapkan makalah komprehensif ini dapat berguna bagi guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran agar dapat menghadirkan pembelajaran yang efektif, menarik, dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. ***** The background for writing this comprehensive paper is the presence of the merdeka belajar curriculum as the newest curriculum to improve the quality of education in Indonesia. Due to the uneven application of this curriculum, examples of writing and discussion are not widely available. Therefore, writing this comprehensive paper aims to assist teachers with the preparation of learning plans in the form of Teaching Modules in the merdeka belajar curriculum in the Basics of Electronics Engineering subject, in the teaching material of Basic Techniques of Assembling Electronics Components (Soldering and Desoldering) for Class X Communication Electronics Engineering Expertise Program Students at State Vocational High School 26 Jakarta. Learning plans need to be prepared based on the needs of students, teachers, and school conditions. In practicum activities, using learning strategies with project-based learning is an option because it is student-centered and gives students the opportunity to develop their skills with the teacher as a facilitator and evaluator who oversees the course of learning activities so that they are in accordance with the lesson plan that has been prepared. It is hoped that this comprehensive paper will be useful for teachers in preparing lesson plans so that they can present effective, interesting, and fun learning, so can increase creativity and student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Rusmono, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 18726 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 05:56
Last Modified: 24 Aug 2023 05:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39435

Actions (login required)

View Item View Item