ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

FITRIA HANDAYANI, . (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (819kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kemampuan berpikir historis mahasiswa program studi pendidikan sejarah Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2022 – juli 2023. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik survei melalui penyebaran angket adapun jenis angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif yaitu, hasil penelitian disajikan dengan bentuk tabel frekuensi dan dengan diagram lalu kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas dari keseluruhan mahasiswa program studi pendidikan sejarah Universitas Negeri Jakarta yang berada pada tahun ketiga dan keempat yang dijadikan sebagai sampel sebanyak 95 orang telah memiliki tingkat kemampuan berpikir historis yang cukup baik, hal ini ditunjukkan dengan serangkaian hasil presentase yang didapatkan dari survei nilai keseluruhan mendapat predikat sangat mampu atau mendapat presentase sebanyak 72%. ABSTRACT This study aims to obtain data on the historical thinking skills of students of the history education study program, Jakarta State University. This research was conducted in July 2022 - July 2023. The research method used in this study was descriptive research using a survey technique by distributing questionnaires. The type of questionnaire used in this study was a closed questionnaire. This study uses quantitative descriptive data analysis techniques, namely, the results of the research are presented in the form of frequency tables and with diagrams and then analyzed. The results of this study indicate that the majority of all history education study program students at Jakarta State University who are in their third and fourth years as a sample of 95 people have a fairly good level of historical thinking ability, this is indicated by a series of percentage results obtained from the overall value survey gets the title of very capable or gets a percentage of 72%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M. Fakhruddin, M.Si. 2). Humaidi, M.Hum.
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 18604 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2023 00:45
Last Modified: 25 Aug 2023 00:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39681

Actions (login required)

View Item View Item