HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DAN AKTIVITAS BELAJAR MANDIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

DIMAS ABHIARDANA, . (2023) HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DAN AKTIVITAS BELAJAR MANDIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk mengetahui: (1) Keeratan hubungan literasi digital dengan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Angkatan 2017 Universitas Negeri Jakarta; (2) Keeratan hubungan aktivitas belajar mandiri dengan prestasi belajar Mahasiwa Pendidikan Teknik Elektro Angkatan 2017 Universitas Negeri Jakarta; (3) Keeratan hubungan literasi digital dan aktivitas belajar mandiri secara bersama-sama dengan prestasi belajar mahasiwa Pendidikan Teknik Elektro Angkatan 2017 Universitas Negeri Jakarta. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif angkatan 2017 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta yang berjumlah 74 mahasiswa dengan pengambilan sampel melalui simple random sampling sebanyak 62 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk data variabel literasi digital (X1) dan aktivitas belajar (X2) serta menggunakan nilai Indeks Prestasi (IP) mahasiswa untuk data variabel prestasi belajar mahasiswa (Y). Uji prasyarat analisis mengggunakan uji normalitas dan linieritas, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan Pearson Product Moment serta uji-t dan uji-F untuk menjelaskan siginifikansi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara literasi digital dengan prestasi belajar dengan nilai rhitung = -0,004 < rtabel = 0,250, nilai sig = 0,976 > 0,05 dan nilai t dengan thitung < ttabel (0,120 < 1,670); (2) Tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar mandiri dengan prestasi belajar dengan nilai rhitung = - 0,034 < rtabel = 0,250, nilai sig = 0,793 > 0,05 dan nilai t dengan thitung < ttabel (-0,264 < 1,670); (3) Tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara literasi digital dan aktivitas belajar mandiri secara bersama-sama dengan prestasi belajar mahasiswa dengan nilai rhitung = -0,164 dan nilai F dengan Fhitung < Ftabel (0,041 < 3,15). ***** This study aims to determine: (1) The closeness of the relationship between digital literacy and student achievement in the Electrical Engineering Education Class of 2017, Jakarta State University; (2) The closeness of the relationship between independent learning activities and the learning achievement of Electrical Engineering Education Students Class of 2017, Jakarta State University; (3) The close relationship between digital literacy and independent learning activities together on the learning achievement of students in Electrical Engineering Education Class of 2017, Jakarta State University. The population in this study were active students of 2017 Electrical Engineering Education, Jakarta State University, totaling 74 students, with 62 students taking samples through simple random sampling. This research is a correlational descriptive quantitative research. Data collection used a questionnaire for digital literacy variable data (X1) and learning activities (X2) and used student grade point scores for student learning achievement variable data (Y). Analysis prerequisite tests used the normality and linearity tests, then the data were analyzed using the Pearson Product Moment and the t-test and F-test to explain the significance. The results showed: (1) There was no positive and significant relationship between digital literacy and learning achievement with rcount = -0.004 < rtable = 0,250, sig value = 0,976 > 0,05 and tcount with tcount <ttable (-0.031 <1.670); (2) There is no positive and significant relationship between independent learning activities and learning achievement with rcount = -0.034 < rtable = 0,250, sig value = 0,763 > 0,05 and t value with tcount < ttable (-0.264 <1.670); (3) There is no positive and significant relationship between digital literacy and independent learning activities together with student achievement with rcount = -0.034 and F value with Fcount <Ftable (0.041 <3.15).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Dr. Daryanto, M.T.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 19018 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:24
Last Modified: 25 Aug 2023 07:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39799

Actions (login required)

View Item View Item