MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI BERBASIS PERMAINAN DI SEKOLAH DASAR

FERI ARIYANTO, . (2023) MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI BERBASIS PERMAINAN DI SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (762kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (513kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan dan menguji model pembelajaran passing bawah permainan bola voli untuk peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan diadopsi dari teori Borg & Gall. Terdapat sepuluh langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kebutuhan, pembuatan produk awal, evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, revisi produk, uji efektivitas, revisi, dan produk akhir. Subjek penelitian dalam model pembelajaran passing bolavoli yaitu peserta didik sekolah dasar kelas atas yang berjumlah 20 subjek pada ujicoba kelompok kecil, ujicoba kelompok besar 40 peserta didik dan uji efektifitas 80 subjek yang dilakukan pada peserta didik SD Negeri 09 Kota Jambi, SD Negeri 02 Kota Jambi, SD Negeri 181 Kota Jambi dan SD Negeri 182 Kota Jambi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini untuk menguji efektvitas model yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan independent sample-test. Hasil penelitian menghasilkan produk berupa model pembelajaran pasiing bawa bola voli berbasis permainan di sekolah dasar yang telah divalidasi dan direvisi oleh ahli sebanyak 30 model. Implikasi penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis permainan layak dan efektif untuk digunakan peserta didik sekolah dasr kelas atas dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi passing bawah bola voli. ***** The purpose of this study is to produce and test the passing learning model under voliball games for elementary school students. The research method uses research and development methods adopted from Borg & Gall theory. There are ten steps used in this study, namely needs analysis, initial product manufacturing, expert evaluation, small group trials, product revisions, large group trials, product revisions, effectiveness tests, revisions, and final products. Research Subjects in the Passing Bola Goli Learning Model, namely high -grade elementary school students totaling 20 subjects in small group trials, large group trials of 40 students and the effectiveness of 80 subjects conducted on students of SD Negeri 09 Jambi City, SD Negeri 02 Jambi City, SD Negeri 181 Jambi City and SD Negeri 182 Jambi City. Data analysis techniques used in this study to test the effectiveness of the model, namely the normality test, homogeneity test and independent sample-test. The results of the study produced products in the form of Pasiing Learning Models Bring Voliball Based Games in Elementary Schools that have been validated and revised by experts as many as 30 models. The implication of this study is a decent and effective game -based learning model for upper -class Dasr School students in improving student learning outcomes in voliball passing material.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd 2). Prof. Dr. Moch Asmawi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 19275 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 05:01
Last Modified: 28 Aug 2023 05:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39990

Actions (login required)

View Item View Item