PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATA KULIAH PROSES MANUFAKTUR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ARDIAN KURNIA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATA KULIAH PROSES MANUFAKTUR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (622kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Ardian Kurnia. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Kuliah Proses Manufaktur di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta. 2023 Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran untuk mahasiswa agar mempermudah proses pembelajaran. Aplikasi pembelajaran proses manufaktur ini dapat digunakan oleh mahasiswa pada smartphone dengan sistem operasi android, hal ini dipilih dikarenakan sebagian besar mahasiswa menggunakan sistem operasi android. Dalam aplikasi pembelajaran ini terdapat fitur materi pembelajaran dan soal. Pengembangan aplikasi pembelajaran ini menggunakan software adobe illustrator, adobe flash cs6, dan adobe animated. Dalam pembuatan aplikasi pembelajaran dilakukan dengan metode penelitian model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation) pengembangan aplikasi pembelajaran ini hanya sampai pada tahap implementasi karena tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan aplikasi dan mengetahui kelayakan aplikasi melalui penilaian validasi, ujicoba one to one, dan ujicoba kelompok kecil. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket dan data dianalisis menggunakan rumus presentase dan dikategorikan kelayakan. Hasil kelayakan media pembelajaran ini diperoleh dari ahli materi sebesar 88% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 82% dengan kategori sangat layak, ujicoba one to one sebesar 99,1% dengan kategori sangat layak, dan ujicoba kelompok kecil 89,68% dengan kategori sangat layak. Dengan hasil yang telah didapat dari pengambilan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran proses manufaktur ini sangat layak digunakan oleh mahasiswa yang mengampuh mata kuliah proses manufaktur di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta. Kata kunci: Pengembangan aplikasi pembelajaran, Perangkat lunak ***** ABSTRACT Ardian Kurnia. Development of Android Application-Based Learning Media in Manufacturing Process Courses at the Mechanical Engineering Education Study Program, Jakarta State University. Thesis. Jakarta: Mechanical Engineering Education Study Program, Jakarta State University. 2023 The purpose of this research is to produce learning media for students to facilitate the learning process. This manufacturing process learning application can be used by students on smartphones with the Android operating system, this was chosen because most students use the Android operating system. In this learning application there are features of learning materials and questions. The development of this learning application uses Adobe Illustrator, Adobe Flash CS6, and Adobe Animated software. In making learning applications it is carried out using the ADDIE model research method (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) the development of this learning application only reaches the implementation stage because the aim of this research is to develop applications and find out the feasibility of applications through validation assessments, one to one trials, and small group trials. Retrieval of research data was carried out using a questionnaire and data were analyzed using the percentage formula and categorized as feasibility. The results of the feasibility of this learning media were obtained from material experts of 88% with a very feasible category, media experts of 82% with a very feasible category, one to one trials of 99.1% with a very feasible category, and small group trials of 89,68% with very decent category. With the results that have been obtained from the data collection, it can be concluded that this manufacturing process learning application is very suitable for use by students who take manufacturing process courses in the Mechanical Engineering Education Study Program, Jakarta State University. Keywords: Learning appl1ication development, Software

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 19041 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2023 23:57
Last Modified: 16 Jan 2024 02:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40001

Actions (login required)

View Item View Item