MUHAMMAD REZA, . (2023) IMPLEMENTASI PEMBINAAN AKHLAK MELALUI METODE RESITASI (STUDI KASUS : PONDOK PESANTREN AL - HIDAYAH). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (272kB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (216kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) | Request a copy |
Abstract
Penyajian bahan penugasan bagi guru kepada siswa sebagai peserta didik sangat diperlukan untuk tercapai nya pembentukan karakter dan wawasan pengetahuan yang di inginkan. Terbatasnya pengetahuan seorang guru dalam memahami metode ini menjadi suatu permasalahan yang sering terjadi. Sebab metode ini menjadi salah satu hal yang penting dalam membentuk akhlak siswa dan wawasan pengetahuan nya. Metode resitasi merupakan salah satu metode yang dapat dikuasai oleh setiap guru guna mampu melibatkan keaktifan siswa dalam proses pembentukan karakter dan kegiatan pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Partisipan penelitian terdiri dari Santri kelas XII MA Pondok Pesantren Al Hidayah yang berjumlah 22 orang. Pada hasil penelitian pembinaan akhlak melalui metode resitasi diimplementasikan kedalam implementasi formal dan non formal kemudian dibagi melalui beberapa metode yaitu : 1) Metode Uswah (Teladan). 2) Metode Mau’izah (Nasihat). 3) Metode Ta’widiyyah (Pembiasaan). 4). Metode Tsawab (Hukuman). Guru memberikan penugasan yang berkaitan dengan pembinaan akhlak yang berkaitan dengan 4 metode tersebut. Metode resitasi di nilai efektif untuk pembinaan akhlak siswa karena dinilai cukup unik karena melakukan pembinaan akhlak berbasis penugasan. Kata kunci: Metode Resitasi, Pembinaan Akhlak, Santri. Presentation of assignment materials for teachers to students as students is very necessary to achieve the desired character formation and knowledge insight. The limited knowledge of a teacher in understanding this method is a problem that often occurs. Because this method is one of the important things in shaping student morals and insight into their knowledge. The recitation method is a method that can be mastered by every teacher in order to be able to involve students in the process of character building and learning activities in the classroom and outside the classroom. This study uses qualitative research methods by collecting data through interviews using questionnaires and literature. The research participants consisted of 22 class XII MA Islamic boarding school students at the Al Hidayah Islamic Boarding School. The results of research on moral development through the recitation method are implemented into formal and non-formal implementations and then divided through several methods, namely: 1) Uswah (Exemplary) Method. 2) Mau'izah (Advice) Method. 3) Ta'widiyyah Method (Habituation). 4). Method of Tsawab (Punishment). The teacher gives assignments related to moral development related to these 4 methods. The recitation method is considered effective for fostering student morals because it is considered quite unique because it carries out assignment-based moral development. Keywords: Recitation Method, Moral Development, Santri
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Firdaus Wajdi, S.TH.I.,M.A.,Ph.D. 2). Mushlihin, S.Pd.,M.A. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 19040 not found. |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 04:55 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 04:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40515 |
Actions (login required)
View Item |