KONTRIBUSI MATA KULIAH MICROTEACHING TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA DALAM KEGIATAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR

MUHAMMAD HASBI SETIANTO, . (2023) KONTRIBUSI MATA KULIAH MICROTEACHING TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA DALAM KEGIATAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (876kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy

Abstract

Muhammad Hasbi Setianto, Kontribusi Mata Kuliah Microteaching terhadap Penguasaan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Kegiatan Praktik Keterampilan Mengajar, Jakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta 2023. Penguasaan keterampilan dasar mengajar merupakan hal yang harus di kuasai oleh guru salah satunya adalah penguasaan kompetensi pedagogik. namun masih banyak guru yang belum menguasai hal tersebut dikarenakan kurangnya pelatihan dan kebanyakan guru hanya menguasai teori saja daripada praktik. microteaching merupakan wadah untuk mempersiapkan calon guru agar dapat menguasai keterampilan mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kompetensi pedagogik mahasiswa PAI UNJ pada mata kuliah PKM dalam 6 aspek kompetensi pedagogik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan sumber data primer yaitu mahasiswa PAI UNJ angkatan 2019 dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Mahasiswa menguasai landasan kependidikan dengan lulus dari mata kuliah tersebut dan menguasai 2 aspek yaitu penguasaan teori dan prinsip pembelajaran serta dapat mengembangkan kurikulum. mahasiswa mengenal karakterisik siswa melalui minat, bakat, dan motivasi belajar. mahasiswa mengadakan kegiatan pembelajaran yang mendidik dengan berinovasi memanfaatkan teknologi yang ada. mahasiswa mengembangkan potensi siswa dengan mengasah kemampuan berpikir kritis, keterampilan sosial, dan kreativitas. mahasiswa berkomunikasi dengan peserta didik baik introvert maupun ekstrovert dengan metode yang berbeda untuk memaksimalkan siswa di dalam kelas. mahasiswa melakukan penilaian dan evaluasi baik formatif maupun sumatif dengan membuat soal.mahasiswa PAI UNJ angkatan 2019 dapat menguasai seluruh aspek kompetensi pedagogik dalam kegiatan PKM. Hal ini membuktikan bahwa mata kuliah microteaching berkontribusi dalam penguasaan kompetensi pedagogik mahasiswa Kata kunci: microteaching, kompetensi pedagogik, PKM Muhammad Hasbi Setianto, Contribution of Microteaching Courses to the Mastery of Student Pedagogical Competencies in Teaching Skills Practice Activities, Jakarta: Islamic Education Study Program, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta 2023. Mastery of basic teaching skills is something that must be mastered by teachers, one of which is mastery of pedagogical competencies. but there are still many teachers who have not mastered this due to lack of training and most teachers only master theory rather than practice. microteaching is a place to prepare prospective teachers to master teaching skills. The purpose of this study was to determine how the application of pedagogical competence of PAI UNJ students in PKM courses in 6 aspects of pedagogical competence. The method used is descriptive method with qualitative approach. Using primary data sources, namely UNJ PAI students class of 2019 with purposive sampling technique. Data collection techniques use triangulation methods, namely interviews, observation, and documentation. The data analysis technique uses the miles and huberman model, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Students master the educational foundation by passing the course and mastering 2 aspects, namely mastery of learning theories and principles and can develop the curriculum. students recognize the characteristics of students through interests, talents, and learning motivation. students carry out educational learning activities by innovating using existing technology. students develop the potential of students by honing critical thinking skills, social skills, and creativity. students communicate with introverted and extroverted students with different methods to maximize students in the classroom. students conduct assessment and evaluation both formative and summative by making questions. UNJ PAI students class of 2019 can master all aspects of pedagogical competence in PKM activities. This proves that microteaching courses contribute to students' mastery of pedagogical competence. Keywords: microteaching, pedagogical competence, PKM

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suci Nurpratiwi, M. Pd. 2). Rudi Muhamad Barnansyah, M. Pd. I.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 19043 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:33
Last Modified: 31 Aug 2023 02:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40539

Actions (login required)

View Item View Item