PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 113 JAKARTA

DEA LABITA SAFINA, . (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 113 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Menganalisis kebutuhan bahan ajar pada pembelajaran PAI, (2) Merancang desain model bahan ajar E-LKPD interaktif pada pembelajaran PAI, (3) Membuat dan mengembangkan produk berupa bahan ajar E-LKPD interaktif pada pembelajaran PAI, (4) Mengimplementasikan bahan ajar E-LKPD interaktif pada pembelajaran PAI, (5) Mengevaluasi produk bahan ajar E-LKPD interaktif pada pembelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Tahap analyze, melakukan tahap awal untuk mengetahui kebutuhan dan masalah dalam pembelajaran. Tahap design, tahap merancang model bahan ajar. Tahap development adalah tahap pengembangan E-LKPD dengan melakukan proses validasi oleh para ahli. Tahap implementation, peserta didik dan guru melakukan uji coba untuk mengetahui respon terhadap bahan ajar E-LKPD dengan mengisi angket. Tahap evaluation, mengevaluasi dan merevisi bahan ajar sesuai data para ahli serta data guru dan peserta didik. Subjek pada penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 113 Jakarta. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian bahan ajar mendapatkan skor sangat baik dengan deskripsi skor dari ahli materi sebesar 96,25%, ahli media sebesar 92,38%, dan ahli bahasa sebesar 94%. Hasil uji coba kepada peserta didik mendapat skor 92,4% dan dari guru pertama mendapat skor 88,8% sedangkan guru kedua 92,2%, sehingga dapat disimpulkan bahan ajar E-LKPD mendapat kategori sangat baik dan layak digunakan. This study aims to find out: (1) Analyze the needs of teaching materials in PAI learning, (2) Design a model design of interactive E-LKPD teaching materials in PAI learning, (3) Create and develop products in the form of interactive E-LKPD teaching materials in PAI learning , (4) Implement interactive E-LKPD teaching materials for PAI learning, (5) Evaluate interactive E-LKPD teaching material products for PAI learning. This type of research is Research and Development (R&D) with the ADDIE model. The analyze phase is carried out in the early stages to find out the needs and problems in learning. The design stage, the stage of designing the teaching material model. The development stage is the stage of developing the E-LKPD by carrying out a validation process by experts. In the implementation stage, students and teachers conduct trials to find out responses to E-LKPD teaching materials by filling out a questionnaire. The evaluation stage evaluates and revises teaching materials according to expert data as well as teacher and student data. The subjects in the study were students of class X SMA Negeri 113 Jakarta. Data analysis techniques using descriptive qualitative and quantitative. The results showed that the assessment of teaching materials got a very good score with a score description of material experts at 96.25%, media experts at 92.38%, and linguists at 94%. The test results for students got a score of 92.4% and the first teacher got a score of 88.8% while the second teacher got 92.2%, so it can be concluded that the E-LKPD teaching materials are in a very good category and are suitable for use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rihlah Nur Aulia, M.A. 2). Dr. M. Ridwan Effendi, S.Pd.I., M.Ud.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Agama (Filsafat dan Teori Agama)
Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 19099 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:01
Last Modified: 01 Sep 2023 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40670

Actions (login required)

View Item View Item