SUGIHARTO, . (2023) MODEL PEMBELAJARAN RENANG GAYA BEBAS (CRAWL) BAGI ANAK AUTIS SEKOLAH LUAR BIASA SEKOLAH DASAR (SLBSD). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (564kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah model pembelajaran renang gaya bebas untuk anak autis usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan Borg dan model Gall. Responden penelitian ini adalah SD siswa sekolah yang diambil dari tiga kabupaten di Jawa Barat Provinsi yaitu Subang, Purwakarta dan Karawang. Ada enam sekolah dasar yang digunakan sebagai tempat uji coba produk. Prosedur penelitian terdiri dari beberapa tahapan yaitu: 1) analisis kebutuhan, untuk guru, kepala sekolah dan orang tua; 2) validasi ahli; 3) uji kelompok kecil; 4) uji coba kelompok besar; dan 5) uji efektivitas. Instrumen yang digunakan terdiri dari wawancara dan kuesioner. Penilaian renang gaya bebas menggunakan instrumen yang dibuat sendiri yang telah divalidasi ahli. Data dianalisis menggunakan statistik metode uji beda rata-rata (t-test) untuk menentukan keefektifan model pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran renang gaya bebas untuk anak autis dapat diterapkan dalam pembelajaran proses; 2) Hasil skor rata-rata dari kelompok eksperimen (78.2396) > rata-rata kontrol kelompok (43.2377), sedangkan uji efektifitas t-hitung (2,608) > t-tabel (2,042), maka dapat dinyatakan model pembelajaran renang gaya bebas untuk anak autis efektif diberikan di sekolah luar biasa di tingkat sekolah dasar. Kata kunci: Anak Autis, Frestyle, Model Pembelajaran, Renang The purpose of this study was to create a freestyle swimming learning model for autistic children of primary school age. This research is research and development (R&D) using the Borg and Gall models. The respondents of this study were elementary school students taken from three districts in West Java Province, namely Subang, Purwakarta and Karawang. There are six elementary schools that are used as product testing sites. The research procedure consists of several stages, namely: 1) needs analysis, for teachers, principals and parents; 2) expert validation; 3) small group test; 4) large group trials; and 5) effectiveness testing. The instruments used consist of interviews and questionnaires. Freestyle swimming assessment uses self-built instruments that have been validated by experts. The data were analyzed using statistical mean difference test (t-test) method to determine the effectiveness of the learning model. The results of the analysis show that: 1) The freestyle swimming learning model for autistic children can be applied in the learning process; 2) The results of the average score of the experimental group (78.2396) > the average control group (43.2377), while the t-count effectiveness test (2.608) > t-table (2.042), it can be stated that the freestyle swimming learning model for autistic children is effectively given in special schools at the elementary school level. Keywords: Autistic Children, Freestyle, Learning Model, Swimming iv
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd.; 2). Dr. Hernawan, SE., M.Pd. |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Renang Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Users 19651 not found. |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:39 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40771 |
Actions (login required)
View Item |