PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI PERADABAN ISLAM DI SMAN 70 JAKARTA

FADIA SYAHFITRI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI PERADABAN ISLAM DI SMAN 70 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi dalam materi peradaban Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan, menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah pesertadidik kelas XI-D SMAN 70 Jakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan mengklasifikan data-data dari data kualitatif berbentuk komentar, saran perbaikan dari ahli serta hasil analisis kebutuhan dari guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan pesertadidik, teknik analisis deskriptif kuantitatif dipergunakan untuk menganalisis kelayakan produk. Hasil uji validasi media pembelajaran video animasi dari ahli materi mendapatkan nilai 92% dengan kategori sangat baik, dari ahli media mendapatkan nilai 93% dengan kategori sangat baik, dan ahli bahasa mendapatkan nilai 100% dengan kategori sangat baik. The purpose of this research is to develop animated video learning media in Islamic civilisation material. This research uses a type of Research and Development or development research, using the ADDIE development model which consists of five stages namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects in this study were students of class XI-D SMAN 70 Jakarta in the academic year 2022/2023. Data analysis techniques in this study are qualitative descriptive analysis techniques carried out by classifying data from qualitative data in the form of comments, suggestions for improvement from experts as well as the results of needs analysis from Islamic religious education subject teachers and students, quantitative descriptive analysis techniques used to analyse product feasibility. The results of the validation test of animated video learning media from material experts get a score of 92% with a very good category, from media experts get a score of 93% with a very good category, and linguists get a score of 100% with a very good category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suci Nurpratiwi, M.Pd. ; 2). Dr. H. Sa'dullah, M.Ag.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 19048 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:04
Last Modified: 04 Sep 2023 07:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41114

Actions (login required)

View Item View Item