FADHLIKA NUR ROHADATUL 'AISY, . (2023) PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (290kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi melalui motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Negeri di Kota Bekasi dengan menggunakan metode survey dan instrumen penelitian berupa kuisioner. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path analys). Populasi terjangkau dalam penelitian ini berjumlah 361 siswa dengan sampel yang digunakan berjumlah 190 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pemanfaatan Fasilitas Belajar berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa. (2) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa. (3) Motivasi Belajar berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa. (4) Pemanfaatan Fasilitas Belajar berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. (5) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar. (6) Pemanfataan Fasilitas Belajar berpengaruh tidak langsung positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa melalui Motivasi Belajar. (7) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh tidak langsung positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa melalui Motivasi Belajar. Kata Kunci : fasilitas belajar, lingkungan teman sebaya, motivasi belajar, prestasi belajar. *** This study aims to determine the effect of learning facilities and peer environment on student achievement in economics subjects throgh learning motivation. This study was conducted on state Senior High School students in the Bekasi City area using a survey method and a research instrument in the form of a questionnaire. The data used in this research is quantitative data using path analysis. The reachable population in this study totaled 361 students, with a sample of 190 students. The results of this study indicate that: (1) The Use of Learning facilities have a positive and significant direct effect on student learning achievement. (2) Peer Environment has a positive and significant direct effect on Student Achievement. (3) Learning Motivation has a positive and significant direct effect on Student Achievement. (4) The Use of Learning facilities have a positive and significant direct effect on learning motivation. (5) Peer environment has a positive and significant direct effect on learning motivation. (6) The Use of Learning facilities have a positive and significant indirect effect on student learning achievement through learning motivation. (7) Peer Environment has a positive and significant indirect effect on Student Achievement through Learning Motivation. Keywords: learning facilities, peer environment, learning motivation, learning achievement
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Ari Saptono, S.E., M.Pd. ; 2) Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 19423 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 04:24 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 04:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41173 |
Actions (login required)
View Item |