PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEER TEACHING MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL DALAM SERI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

MEYTA NUR VADIA, . (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEER TEACHING MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL DALAM SERI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan video pembelajaran seri dasar keterampilan mengajar dengan tema membimbing diskusi kelompok kecil pada mata kuliah Kompetensi Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau yang dikenal Research and Development (R&D). Model penelitian R&D yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model Four-D (4D). Tahapan dalam pengembangan yang dilakukan terdiri dari, (1) Define; (2) Design; (3) Development; (4) Disseminate. Dalam penelitian ini, digunakan rubrik penliaian sebagai instrumen pengumpulan data terkait kelayakan produk video pembelajaran melalui validasi yang dilakukan oleh ahli materi kompetensi pembelajaran, dan ahli media. Analisis data yang diperoleh dari validasi ahli menggunakan rumus nilai rerata, serta digunakan validasi isi Gregory untuk mengetahui kelayakan butir pada instrumen penilaian. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari validasi ahli materi kompetensi pembelajaran, pengembangan video pembelajaran tersebut mendapat skor rata-rata sebesar 41,00 dengan kategori sangat layak, dan hasil data yang diperoleh dari validasi ahli media mendapat skor rata-rata sebesar 39,00 dengan kategori sangat layak. Sehingga video pembelajaran sudah dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Kompetensi Pembelajaran. ***** The research was conducted with the aim of developing a basic series of teaching skills video with the theme of guiding small group discussions in the Learning Competency course in the Education of Building Engineering, Faculty of Engineering, State University of Jakarta. The research method used was Research and Development (R&D), specifically the Four-D (4D) model, which consists of four stages: (1) Define, (2) Design, (3) Development, and (4) Disseminate. The research used a rubric assessment as a data collection instrument related to the feasibility of the learning video product through validation conducted by learning competency material experts and media experts. Data analysis was carried out using the mean value formula and Gregory's content validation to determine the feasibility of the assessment instrument items. Based on the results of data obtained from expert validation of learning competency materials, the development of learning videos received an average score of 41.00 with the very decent category, and the data results obtained from media expert validation received an average score of 39.00 with the very decent category. So that learning videos can already be used as learning media in the Learning Competency course.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Tuti Iriani, M.Si ; 2). Dr. Santoso Sri Handoyo, M.T
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 18983 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:31
Last Modified: 05 Sep 2023 02:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41249

Actions (login required)

View Item View Item