PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEER TEACHING MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN DALAM SERI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

JULIA KURNIAWATI, . (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEER TEACHING MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN DALAM SERI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa video pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya) pada keterampilan dasar membuka dan menutup pembelajaran pada mata kuliah Kompetensi Pembelajaran di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset dan pengembangan atau yang dikenal Research and Development (R&D). Model penelitian R&D yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan model Four-D (4D) Pengembangan dilakukan melalui 4 tahap yang terdiri dari, (1) Define; (2) Design; (3) Develop; (4) Disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuantitatif dimana pada instrument non tes penelitian ini menggunakan kuisioner dan instrumen pengumpulan data kelayakan produk melalui validasi yang dilakukan ahli, baik dari ahli materi dan ahli media. Analisis data validasi ahli tersebut menggunakan rumus nilai rerata, serta menggunakan validasi isi Gergory untuk mengetahui seberapa layak instrumen tersebut. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, pengembangan Video Pembelajaran Peer Teaching Membuka Dan Menutup Pembelajaran dalam Seri Keterampilan Dasar Mengajar tersebut mendapat hasil sebesar 3,75 dalam kriteria sangat layak, dan hasil validasi oleh ahli media mendapat hasil sebesar 3,75 dalam kriteria sangat layak. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilakukan kepada 10 orang mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah Kompetensi Pembelajaran mendapatkan hasil sebesar 3,66 dalam kategori sangat bagus. Dapat disimpulkan berdasrkan penilaian ahli dan uji coba terbatas Video Pembelajaran Peer Teaching Membuka Dan Menutup Pembelajaran dalam Seri Keterampilan Dasar Mengajar layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Kompetensi Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran *********** ABSTRACT The study aims to develop a media form of learning videos by applying peer teaching methods to skills that open and close learning to the competence Educated In Building Engineering, Engineering Faculty, Jakarta State University. The methods used in this study are either research and development or are known to research and development (R&D). The R&D research model used in this development USES the four-d model (4d) development made through 4 phases composed of, (1) define; (2) design; (3) glucose; (4) ensnarate. The data-collecting technique used is the quantitative method in which on this research test non-technical instrument USES special-quality data and instructional instruments through an expert validation of both materials and media experts. Analysis of the data validation of the expert USES the r&d value formula, as well as the validation of the contents of gergory to determine the instrument's worth. Based on validation by materials, peer teaching videos, basic teaching skills on the theme open and close, get a 3,75 feasibility percentage in very worthy criteria, and validation by media experts get a 3,75 minimum in viable criteria. Furthermore, according to the limited test results made on 10 students, the results were 3,66 in the excellent category. Can be summarized on the basis of expert assessments and limited trials of peer teaching videos basic teaching skills on the theme opening and closing learning are worthy of use in the competency of learning in the Educated In Building Engineering, Engineering Faculty, Jakarta State University. Keywords: learning videos, display opens and closes learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Tuti Iriani, M.Si. ; 2). R. Eka Murtinugraha, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 18894 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2023 05:18
Last Modified: 06 Sep 2023 05:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41315

Actions (login required)

View Item View Item