EMIL HANAFI, . (2023) PELESTARIAN UPACARA PERKAWINAN ADAT MAKASSAR SULAWESI SELATAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) (Studi Kasus pada LKP IATNA di Makassar). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (784kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
EMIL HANAFI. 2023. Studi tentang ”Pelestarian Upacara Perkawinan Adat Makassar Sulawesi Selatan Menggunakan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelektual) (Studi Kasus pada LKP IATNA di Makassar)”. Tesis, Jakarta: Teknologi Rias dan Kosmetika, Program Pascasarjana PTK PPs, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini secara umum bertujuan (1) Untuk mengetahui upaya pelestarian upacara perkawinan adat Makassar yang dilakukan LKP IATNA, (2) Untuk mengetahui proses dan pelaksanaan pembelajaran upacara perkawinan adat Makassar yang dilakukan oleh LKP IATNA menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelektual), dan (3) Untuk mengetahui hasil/ dampak yang diperoleh peserta didik setelah mengikuti pembelajaran upacara perkawinan adat Makassar menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelektual). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi pustaka. Tempat penelitian dilakukan di LKP IATNA di Makassar yang mengajarkan tata rias pengantin Makassar dan upacara perkawinan adat Makassar. Penelitian berlangsung dari bulan Maret sampai dengan April 2023. Informan yang diwawancara adalah pengelola, instruktur LKP dan peserta didiknya. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut : (1) bentuk pelestarian upacara perkawinan adat Makassar yang dilakukan oleh LKP IATNA salah satunya adalah dengan mengajarkan tata rias pengantin adat Makassar dan upacara perkawinan adat Makassar. Melalui pembelajaran tersebut, selain peserta didik akan tahu dengan bentuk tata rias pengantin Makassar, mereka juga tahu langkah dan makna yang terkandung dalam proses perkawinan adat Makassar yang dimiliki oleh daerahnya dan menjadi budayanya. Peserta didik tersebut dapat menerapkan upacara tersebut pada acara pernikahan masyarakat Makasssar yang memakai upacara adat Makassar; (2) Pembelajaran upacara perkawinan adat Makassar menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelektual) DI LKP IATNA hanya berupa teori sedangkan pada praktiknya belum dilakukan. Pada upacara perkawinan adat tidak dilakukan praktik, hanya teori saja karena ada beberapa kendala seperti biaya, waktu, dan kesiapan peserta didik. Tapi, peserta didik dapat mempelajari dan melihat langsung proses upacara perkawinan adat Makassar melalui hand out, media audio video, kegiatan diskusi dan di acara perkawinan adat Makassar itu sendiri; (3) Dampak yang diperoleh peserta didik setelah mengikuti pembelajaran upacara perkawinan adat Makassar dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelektual) di LKP IATNA adalah peserta didik atau masyarakat dapat mengetahui dan memahami bentuk tata rias pengantin adat Makassar dan upacara perkawinan adatnya dan menjadi kompeten dibidangnya. Kata kunci : Pelestarian Upacara Perkawinan, Model Pembelajaran SAVI, Lembaga Kursus dan Pelatihan ***** This study generally aims (1) to find out the efforts to preserve Makassar traditional marriage ceremonies carried out by LKP IATNA, (2) to find out the process and implementation of learning about Makassar traditional marriage ceremonies carried out by LKP IATNA using the SAVI learning model (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), and (3) To find out the results/impacts obtained by students after participating in learning the Makassar traditional marriage ceremony using the SAVI learning model (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual). This type of research is qualitative research with an ethnographic approach using interview techniques, observation and literature study. The location of the research was carried out at LKP IATNA in Makassar which teaches Makassar bridal make-up and Makassar traditional wedding ceremonies. The research took place from March to April 2023. The informants interviewed were LKP managers, LKP instructors and their students. This study obtained the following results: (1) one of the forms of preservation of the traditional Makassar wedding ceremony carried out by LKP IATNA was by teaching Makassar traditional wedding makeup and Makassar traditional wedding ceremonies. Through this learning, besides students will know the form of Makassar bridal make-up, they will also know the steps and meanings contained in the Makassar traditional marriage process which is owned by the region and becomes its culture. These students can apply the ceremony at the wedding of the Makassar people who use Makassar traditional ceremonies; (2) Learning the Makassar traditional marriage ceremony using the SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) learning model at LKP IATNA is only in the form of theory while in practice it has not been implemented. At the traditional wedding ceremony, practice is not carried out, only theory because there are several obstacles such as cost, time, and readiness of students. However, students can learn and see directly the process of the traditional Makassar wedding ceremony through hand outs, audio video media, discussion activities and at the Makassar traditional wedding ceremony itself; (3) The impact obtained by students after participating in learning Makassar traditional marriage ceremonies using the SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) learning model at LKP IATNA is that students or the public can know and understand the forms of traditional Makassar bridal makeup and wedding ceremonies customs and be competent in their field. Keywords: Preservation of Marriage Ceremonies, SAVI Learning Model, Courses and Training Institutions.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Siti Nursetiawati, M.Si.; 2). Dr. Jenny Sista Siregar, M.Hum |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Budaya, Adat Istiadat Tata Rias > Tata Rias (Makeup) Tata Rias > Asesoris Pakaian |
Divisions: | FT > S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 19490 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 02:19 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 02:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41622 |
Actions (login required)
View Item |