PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN BULETIN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SERDANG 13

REDHA LEO ALPHAYED, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN BULETIN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SERDANG 13. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (828kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang belum optimal sehingga hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Serdang 13 masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran papan buletin terhadap hasil belajar IPA murid kelas IV SDN Serdang 13 tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk eksperimental menggunakan One Group Pretest Posttest Design yang hanya memiliki satu kelompok subjek dengan dua kondisi observasi yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media pembelajaran papan buletin dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA murid kelas IV SDN Serdang 13. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas IV SDN Serdang 13 yang berjumlah 30 siswa dan sampel yaitu kelas IV yang berjumlah 30 sampel. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh media pembelajaran papan buletin terhadap hasil belajar IPA. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terjadi pengaruh diperoleh tHitung= 5,139 dan t tabel = 2,048. Maka diperoleh tHitung>t tabel atau 5,139 > 2,048, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran papan buletin terhadap hasil belajar IPA murid kelas IV SD Negeri Serdang 13 dan dapat dilihat dari hasil rata-rata peningkatan dari nilai rata-rata pretest sebesar 64,2 menjadi 79,8 setelah posttest. ***** This research is motivated by the use of learning media that is not optimal so that the learning outcomes of students in class IV SDN Serdang 13 are still relatively low. This study aims to determine whether there is an effect of using bulletin board learning media on the science learning outcomes of fourth grade students at SDN Serdang 13 in the 2023/2024 academic year. This research is an experimental research using the One Group Pretest Posttest Design which only has one group of subjects with two observation conditions carried out without a comparison group. The variables in this study consisted of the independent variable, namely the bulletin board learning media and the dependent variable, namely the science learning outcomes of students in class IV SDN Serdang 13. The population in this study were all students in class IV SDN Serdang 13, totaling 30 students and the sample was class IV, which totaled 30 samples. The data analysis technique uses the t-test to test the effect of bulletin board learning media on science learning outcomes. The results of data analysis using the t-test showed that there was an effect obtained tcount = 5.139 and t table = 2.048. Then obtained tcount>t table or 5.139> 2.048, so it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is an effect of the use of bulletin board learning media on the science learning outcomes of Grade IV students of SD Negeri Serdang 13 and it can be seen from the average results of the increase from the pretest average score of 64.2 to 79.8 after the posttest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A. R. Supriatna, M.Pd. 2). Dr. Iva Sarifah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 19696 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:28
Last Modified: 07 Sep 2023 01:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41665

Actions (login required)

View Item View Item