ANALISIS PERBANDINGAN PERENCANAAN WAKTU BONGKAR MUAT TERHADAP REALISASI WAKTU BONGKAR MUAT DI PT PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) REGIONAL BENGKULU

NURUL HIDAYATULLAH, . (2023) ANALISIS PERBANDINGAN PERENCANAAN WAKTU BONGKAR MUAT TERHADAP REALISASI WAKTU BONGKAR MUAT DI PT PELABUHAN INDONESIA (PERSERO) REGIONAL BENGKULU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (750kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Aspek perencanaan sangat berperan aktif dalam peningkatan kinerja operasional pelayanan kapal dan barang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hambatan-hambatan yang terjadi pada saat proses pelayanan berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan perencanaan waktu bongkar muat terhadap realisasi waktu bongkar pada perusahaan PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penyusunan Skripsi Sarjana Terapan ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara studi wawancara, studi literasi dan beberapa dokumen pendukung. Kesimpulan pada penelitian yang ini adalah perencanaan waktu bongkar muat terhadap realisasi waktu bongkar muat, seluruh data perencanaan tidak sesuai dengan realisasinya. Juga ditemukan permasalahan-permasalahan yang timbul pada realisasi kegiatan bongkar dan muat yaitu kerusakan alat bongkar muat, menunggu kegiatan bongkar muat muatan Crude Palm Oil (CPO) selesai, hujan atau badai, kerusakan alat penunjang bongkar muat, menunggu TKBM, menunggu CY siap digunakan, mengunggu area bongkar muat clear, dan menunggu bay plan loading siap. Dampak yang terjadi akibat tidak sesuainya perencanaan dan realisasi adalah tingginya biaya operasional, dikarenakan keterlambatan bongkar muat sehingga biaya operasional semakin tinggi, berdasarkan hasil analisa beberapa kapal mengalami tingginya biaya operasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Vivian Karim Ladesi, S.T., M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Hidraulik, Pelabuhan, Irigasi
Divisions: FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim
Depositing User: Users 20312 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 05:34
Last Modified: 08 Sep 2023 05:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41830

Actions (login required)

View Item View Item