PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

PUTRI ANDHIENI NUR SALSABILA, . (2023) PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Intensi berwirausaha adalah niat individu untuk merumuskan dan memulai surat bisnis baru dari dirinya sendiri. Intensi berwirausaha merupakan hal yang sangat penting karena dapat menjadi motivasi, mempengaruhi kesiapan dalam menghadapi risiko dan kegagalan, serta memengaruhi kesediaan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan dalam menjalankan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan pemanfaatan media sosial terhadap intensi berwirausaha yang dimiliki oleh mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat bantu program SEM PLS Versi 4.0. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan sampel 356 mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan Kewirausahaan memiliki nilai t-statistik sebesar 33.327 lebih besar dari 1.96, dan nilai p-values sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05. Variabel Media Sosial memiliki nilai t-statistik sebesar 4.915 lebih besar dari 1.96, dan nilai p-values sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05. Hasil perhitungan F-Square yang menunjukan variabel pengetahuan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha memiliki nilai sebesar 0.465, dan variabel media sosial terhadap intensi berwirausaha memiliki nilai F-Square sebesar 0.117. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara Pengetahuan Kewirausahaan dan Media Sosial terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Untuk dapat lebih mengembangkan penelitian ini, peneliti selanjutnya sebaiknya lebih berfokus pada indikator yang memiliki skor rata-rata rendah untuk dapat ditingkatkan dan dapat menjadi bahan evaluasi bagi penelitian selanjutnya. *** Entrepreneurial intention is an individual's intention to formulate and start a new business letter from himself. Entrepreneurial intention is very important because it can be a motivation, influencing readiness to face risks and failures, as well as influencing the willingness to learn and develop the skills needed to run a business. The purpose of this study was to find out how the influence of entrepreneurial knowledge and the use of social media on the entrepreneurial intensity of students at the Jakarta State University. The method used is a quantitative method with the help of the SEM PLS Version 4.0 program. The sampling technique used proportionate stratified random sampling with a sample of 356 students at the State University of Jakarta. The calculation results show that the Entrepreneurship Knowledge variabel has a t-statistic value of 33,327 which is greater than 1.96, and a p-value of 0.000 which is less than 0.05. The Social Media variabel has a t-statistic value of 4.915 greater than 1.96, and a p-value of 0.049 less than 0.05. The results of the F-Square calculation show that the entrepreneurial knowledge variabel has a value of 0.465, and the social media variabel has an F-Square value of 0.117. The results of this study are that there is a positive and significant direct effect between Entrepreneurship Knowledge and Social Media on Student Entrepreneurial Intentions. To be able to further develop this research, future researchers should focus more on indicators that have a low average score to be improved and can be used as evaluation material for further research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agus Wibowo, S,Pd.I., S.Pd. M.Pd ; 2). R Firdausi Rachmadania, S.E., M.SM
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 20513 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2023 02:01
Last Modified: 10 Sep 2023 02:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41868

Actions (login required)

View Item View Item