ROHIMAH QORIBAH, . (2023) ANALISIS BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN STANDAR PROSES MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
cover.pdf Download (789kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (379kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian buku teks pelajaran matematika yang digunakan di beberapa sekolah dengan standar proses matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi. Teknik analisis yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/ verifikasi. Penelitian ini menganalisis tiga buku yang digunakan di beberapa sekolah, satu buku dari penerbit pusat perbukuan Kemendikbud dengan judul buku Senang Belajar Matematika Kelas V dan dua buku dari penerbit yang lain yaitu dari Yudhistira dengan judul buku Jelajah Matematika 5 dan Yrama Widya dengan judul buku Ayo Belajar Menalar Matematika Kelas V. Hasil analisis buku menunjukkan bahwa ketiga buku ini sudah dikategorikan cukup sesuai dengan standar proses matematika dengan nilai kesesuaian buku Senang Belajar Matematika Kelas V sebesar 81% dengan kategori “Baik”, buku Jelajah Matematika 5 sebesar 76% dengan kategori “Cukup”, dan buku Ayo Belajar Menalar Matematika Kelas V sebesar 79,5% dengan kategori “Cukup”. Berdasarkan hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa ketiga buku yang dianalisis sudah cukup sesuai dengan standar proses matematika. ***** The purpose of this study was to determine the suitability of mathematics textbooks used in several schools with mathematics process standards. The method used in this research is content analysis. The analysis technique used is the Miles and Huberman model which consists of three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion/verification. This study analyzed three books used in several schools, one book from the publisher of the Ministry of Education and Culture's bookstore center with the title Senang Belajar Matematika Kelas V and two books from other publishers, namely from Yudhistira with the title Jelajah Matematika 5 and Yrama Widya with the title Ayo Belajar Menalar Matematika Kelas V. The results of the book analysis show that these three books have been categorized as sufficiently in accordance with the mathematics process standards with the suitability value of the book Senang Belajar Matematika Kelas V of 81% in the "Good" category, the book Jelajah Matematika 5 of 76% in the "Fair" category, and the book Ayo Belajar Menalar Matematika Kelas V of 79.5% in the "Fair" category. Based on the results of this analysis, it can be concluded that the three books analyzed are sufficiently in accordance with the mathematics process standards.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Yurniwati, M.Pd.; 2). Prayuningtyas Angger Wardhani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 20272 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 04:36 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 04:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41929 |
Actions (login required)
View Item |