PENGEMBANGAN RUBIK IMAJINASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS NARASI BERBASIS LITERASI BUDAYA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Rika Khairana, . (2023) PENGEMBANGAN RUBIK IMAJINASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS NARASI BERBASIS LITERASI BUDAYA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitan ini ditujukan untuk menghasilkan Rubik Imajinasi sebagai Media Pembelajaran Menulis Narasi Berbasis Literasi Budaya di Kelas IV Sekolah Dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Islam Terpadu Segar Amanah sebanyak 17 orang peserta didik. Jenis metode yang digunakan adalah penelitian model ADDIE yang terdiri atas analysis, design, development, implementation, dan evaluation, dengan menggunakan teknis analisis berupa observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data pada penelitian ini diperuntukan untuk mengetahui kelayakan Rubik Imajinasi sebagai Media Pembelajaran Menulis Narasi Berbasis Literasi Budaya di Kelas IV Sekolah Dasar menggunakan rating scale untuk mengolah data mentah berupa angka ke dalam pengertian kualitatif. Penelitian dan pengembangan ADDIE yang dilakukan peneliti memiliki langkah-langkah sebagai berikut (1) analisis kebutuhan peserta didik dan guru; (2) membuat rancangan produk; (3) merealisasikan rancangan produk ke dalam bentuk siap pakai dan melakukan validasi kepada para ahli. Validasi dilakukan oleh ahli media dengan perolehan nilai 94% yang termasuk dalam kategori kelayakan sangat baik, validasi dari ahli materi mendapat nilai 80% dengan kategori baik, dan validasi dari ahli bahasa mendapat nilai 72,5% dengan kategori baik; (4) implementasi produk kepada peserta didik. uji coba produk terdiri atas uji one-to-one yang melibatkan 3 orang peserta didik dengan hasil nilai sebesar 90% yang termasuk kategori sangat baik, uji small group dengan 6 orang peserta didik yang mendapat nilai sebesar 96% dengan kategori sangat baik, dan field test dengan 17 orang peserta didik yang mendapatkan nilai 97,29% ; (5) melakukan evaluasi. Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan uji pengguna maka Rubik Imajinasi layak digunakan di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis narasi kelas IV Sekolah Dasar. ***** The purpose of this research is aimed at producing Rubik Imajination as a Cultural Literacy-Based Narrative Writing Learning Media in Grade IV Elementary School. The sample in this study were fourth grade students of Segar Amanah Integrated Islamic Elementary School as many as 17 students. The type of method used is ADDIE model research which consists of analysis, design, development, implementation, and evaluation, using technical analysis in the form of observation, interviews and questionnaires. Data analysis in this study is intended to determine the feasibility of Rubik Imajinasi as a Cultural Literacy-Based Narrative Writing Learning Media in Class IV Elementary School using a rating scale to process raw data in the form of numbers into qualitative terms. ADDIE research and development conducted by researchers has the following steps (1) analyzing the needs of students and teachers; (2) making product designs; (3) realizing product designs into ready-to-use forms and validating them to experts. Validation is carried out by media experts with a score of 94% which is included in the excellent feasibility category, validation from material experts gets a score of 80% with a good category, and validation from linguists gets a score of 72.5% with a good category; (4) product implementation to students. product trials consist of one-to-one tests involving 3 students with a score of 90% which is included in the excellent category, small group tests with 6 students who get a score of 96% with a very good category, and field tests with 17 students who get a score of 97.29%; (5) evaluate. Based on the results of validation by experts and user tests, Rubik Imajinasi is suitable for use in learning Indonesian language material for writing narratives in grade IV elementary schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Fahrurrozi, M. Pd; 2). Dr. Otib Satibi Hidayat, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 19589 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:23
Last Modified: 08 Sep 2023 04:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41938

Actions (login required)

View Item View Item