PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

FADLI RAHMANSYAH, . (2023) PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa suatu organisasi, khususnya perusahaan memiliki suatu tanggung jawab terhadap stakeholder-nya yaitu konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap pengungkapan CSR. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan berkelanjutan perusahaan sektor energi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2019-2021. Setelah melakukan purposive sampling terpilih sebanyak 50 perusahaan sebagai populasi dengan total observasi sebanyak 150 data. Penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa Kepemilikan Institusional tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan CSR, Ukuran Perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, dan Profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan CSR. Penelitian ini menggunakan data tahun 2020 dan 2021 dimana pada tahun tersebut tengah terjadi wabah SARS COVID-19 yang tengah melanda dunia dan mempengaruhi ekonomi dunia sehingga adanya keterbatasan dalam data pada tahun penelitian. Kata kunci : CSR, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Stakeholder. *** Corporate Social Responsibility (CSR) is a concept that an organization, especially a company has a responsibility to its stakeholders, namely consumers, employees, shareholders, communities and the environment in all aspects of the company's operations. This study was conducted to determine the effect of Institutional Ownership, Company Size, and Profitability on CSR disclosure. This study uses secondary data in the form of annual reports and sustainability reports of energy sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2019-2021. After conducting purposive sampling, 50 companies were selected as the population with a total of 150 observations. The study used multiple linear regression analysis using the SPSS 25 application. Based on the test results, it shows that Institutional Ownership has no influence on CSR disclosure, Company Size has a positive influence on CSR disclosure, and Profitability has no influence on CSR disclosure. This study uses data for 2020 and 2021 where in that year there was a SARS COVID-19 outbreak that was sweeping the world and affecting the world economy so that there were limitations in the data in the research year. Keywords : CSR, Institutional Ownership, Firm Size, Profitability, Stakeholder.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, S.E., M.Si., Ak., CA ; 2). Ati Sumiati, M.M.
Subjects: Ilmu Sosial > Keuangan
Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 20551 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:46
Last Modified: 11 Sep 2023 01:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42012

Actions (login required)

View Item View Item