PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP DAN POWERPOINT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI

AZ ZAHRA, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP DAN POWERPOINT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa dengan penggunaan media pembelajaran Mind Map dan Powerpoint. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi kimia. Sehingga digunakan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami konsep materi kimia terlebih pada materi laju reaksi. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di SMA IT Alia Tangerang dengan sampel berjumlah 58 siswa, terdiri dari 29 siswa kelas XI IPA A dan 29 siswa kelas XI IPA B. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan digunakan uji t-test untuk penarikan kesimpulan. Terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa kelas XI IPA SMA IT Alia Tangerang dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint dengan media pembelajaran mind map. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian berdasarkan uji satatistik t-test post-test yang menyatakan bahwa Sig. (0,001 < 0,05) dimana α=0,05. Artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Dimana H0berbunyi hasil pemahaman konsep laju reaksi peserta didik dengan pembelajaran menggunakan media mind map sama seperti pembelajaran menggunakan media powerpoint. Dan H1 berbunyi hasil pemahaman konsep laju reaksi peserta didik dengan pembelajaran menggunakan media mind map lebih berpengaruh positif daripada pembelajaran menggunakan media powerpoint.Kata Kunci : laju reaksi, pemahaman konsep, mind map, powerpoint, uji-test. ***** This study aims to analyze students' understanding of concepts by using Mind Map and Powerpoint learning media. Students experience difficulties in understanding the concept of chemical material. So that learning media is used to help students understand the concept of chemical material, especially in the matter of reaction rates. The research was conducted in the even semester of the 2022/2023 academic year at SMA IT Alia Tangerang with a sample of 58 students, consisting of 29 students in class XI IPA A and 29 students in class XI IPA B. The research method used was quantitative descriptive and used the t-test. for conclusion. There is a difference in understanding the concept of class XI IPA students at SMA IT Alia Tangerang using PowerPoint learning media and mind map learning media. This can be proven by the results of the research based on the t-test post-test statistic which states that Sig. (0.001 < 0.05) where α=0.05. This means that Ho is rejected and H1 is accepted. Where H0 reads the result of understanding the concept of the reaction rate of students by learning using mind map media the same as learning using PowerPoint media. And H1 reads the results of understanding the concept of the reaction rate of students by learning using mind map media has a more positive effect than learning using PowerPoint media. Keywords: reaction rate, concept understanding, mind map, powerpoint, tests.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si. ; 2). Dr. Zulhipri, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 20023 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:30
Last Modified: 11 Sep 2023 07:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42097

Actions (login required)

View Item View Item