ESTER BINTANG GRACE LEBA, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER (2).pdf Download (751kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (506kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Negara Indonesia merupakan negara majemuk, dimana penduduknya sangat beragam . Seringkali Perbedaan yang ada dapat menjadi alasan timbulnya konflik dalam masyarakat karena minimnya sikap toleransi. Maka dari itu tujuan dari peneliti ini adalah untuk merangsang sikap toelransi siswa melalui media video animasi dengan materi keberagaman bangsaku melalui pembelajaran PPKn. Susbjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Karet 04 Pagi Jakarta Selatan. Jenis Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalahReserch and Development (RnD) dengan desain pengembangan dan implementasi. Instrument yang digunakan untuk memeperoleh data dalam setiap fase terrsebut adalah kuesioner. Data yang berhasil terkumpul validasi ahli materi sebesar 95.5% dengan kategori sangat baik, ahli bahasa 97% dengan kategori sangat baik, dan ahli media sebesar 90 % dengan kategori sangat baik. Selain itu data yang terkumpul dalam uji coba siswa meliputi hasil analisi kebutuhan sebesar 59,70%, dengan kategori kurang baik, uji coba (one to one) 94 % dengan katgori baik. Uji coba kelompok kecil manghasilkan 94,28 % dengan kategori baik, dan uji coba lapangan sebesar 96,11 % dengan kategori baik. Teknik yang digunakan untuk analisi data tersebutadalah deskriptif presentase. Berdasarkan nilai yang diperoleh aplikasi media video animasi pembelajaran PPKn dapat dinyatakan bahwa produk ini baik atau layak digunakan untuk menanamkan sikap tan toleransi siswa kelas V sekolah dasar. ***** Indonesia is a plural country, where the population is very diverse. Often the differences that exist can be the reason for conflict in society because of the lack of tolerance. Therefore, the purpose of this research is to stimulate students' attitudes of tolerance through animated video media with material on the diversity of my people through Civics learning. The subjects of this study were fifth grade students at SDN Karet 04 Pagi, South Jakarta. The type of research and development used is Research and Development (RnD) with design development and implementation. The instrument used to obtain data in each of these phases is a questionnaire. The data that was successfully collected validated by material experts by 95.5% in the very good category, linguists 97% in the very good category, and media experts by 90% in the very good category. In addition, the data collected in the student trials included the results of a needs analysis of 59.70%, in the unfavorable category, 94% in the good category. The small group trials yielded 94.28% in the good category, and the field trials yielded 96.11% in the good category. The technique used for data analysis is descriptive percentage. Based on the value obtained by the application of PPKn learning animation video media, it can be stated that this product is good or appropriate to be used to instill an attitude of tolerance in fifth grade elementary school students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1).Linda Zakiah M.Pd ; 2).Prof Dr.Mohamad Syarif Sumantri,M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 19741 not found. |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 00:35 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 00:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42299 |
Actions (login required)
View Item |