GAMBARAN KEYAKINAN DISFUNGSIONAL PADA PESERTA DIDIK SMK NEGERI DI KABUPATEN SUKABUMI

MUHAMMAD FAISHAL, . (2023) GAMBARAN KEYAKINAN DISFUNGSIONAL PADA PESERTA DIDIK SMK NEGERI DI KABUPATEN SUKABUMI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (310kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis adanya keyakinan disfungsional pada peserta didik SMK Negeri di Kabupaten, keyakinan disfungsional ini merupakan ekspektasi irasional yang dimiliki peserta didik terkait pilihan mereka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Simple Random Sampling yang melibat 405 orang peserta didik kelas XII dari 11 sekolah SMK Negeri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan analisis data yang digunakan yaitu teknik kategorisasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Dysfunctional Decision Making-Beliefs Scale (DCB) dikembangkan oleh Hechtlinger tahun 2017 dan telat diadaptasi kedalam Bahasa Indonesia oleh Junie Amaaniia tahun 2022 yang terdiri dari 5 aspek yaitu chance or fate, critically decision, significant others, professional help, dan gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keyakinan disfungsional pada peserta didik SMK Negeri di Kabupaten Sukabumi berada pada kategori rendah dengan persentase 56,79%. Hasil ini menunjukkan bahwa peserta didik cenderung tidak mempercayai hal-hal yang negatif mengenai pilihan karirnya, namun ada beberapa aspek yang berada pada kategori tinggi pada aspek critically decision, oleh sebab itu guru BK atau Konselor perlu memberikan layanan atau intervensi berupa strategi placing choices in time frame dan love metaphor bagi peserta didik sebagai usaha preventif terhadap keyakinan disfungsional. ***** This study aims to describe and analyze the existence of dysfunctional beliefs in State Vocational High School students in the District, these dysfunctional beliefs are irrational expectations that students have regarding their choices. The sampling technique used was the Simple Random Sampling Technique which involved 405 class XII students from 11 public vocational schools. This research is a quantitative descriptive research with data analysis used, namely the categorization technique. Data collection was carried out using the Dysfunction Decision Making-Beliefs Scale (DCB) questionnaire developed by Hechtlinger in 2017 and later adapted into Indonesian by Junie Amaaniia in 2022 which consists of 5 aspects, namely chance or fate, critically decision, significant others, professional help, and gender. The results showed that the dysfunctional consistency of State Vocational High School students in Sukabumi Regency was in the low category with a percentage of 56.79%. These results indicate that students tend not to believe negative things about the choice of engagement, but there are several aspects that are in the high category in the critically decision aspect, therefore the counseling teacher or counselor needs to provide services or interventions in the form of strategies for placing choices on time frame and love metaphor for students as a preventive effort against dysfunctional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi.; 2). Wening Cahyawulan, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 20296 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2023 00:22
Last Modified: 15 Sep 2023 00:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42354

Actions (login required)

View Item View Item