GAMBARAN KEDUKAAN KARENA KEMATIAN ORANG TERDEKAT REMAJA PADA SMK NEGERI DI JAKARTA

RIZKIKA SEPTYAH, . (2023) GAMBARAN KEDUKAAN KARENA KEMATIAN ORANG TERDEKAT REMAJA PADA SMK NEGERI DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kedukaan yang dialami peserta didik remaja di SMKN 62 Jakarta. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling pada peserta didik kelas X dan XI sebanyak 325 orang yang pernah mengalami peristiwa kematian orang terdekat. Peneliti menggunakan metode survei dengan uji coba terpakai. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan instrumen adaptasi Texas Revised Inventory of Grief (TRIG), yaitu TRIG I (kedukaan lampau) dan TRIG II (kedukaan saat ini). Hasil uji reliabilitas pada TRIG I dalam penelitian ini sebesar α= 0,882,dan 0,945 pada TRIG II. Adapun hasil uji validitas menunjukkan seluruh butir pada TRIG I dan TRIG II valid. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa gambaran kedukaan pada remaja yang mengalami kematian orang terdekat pada TRIG I, sebanyak 98 (30%) peserta didik berada pada kategori ringan, dan 227 (70%) peserta didik dalam kategori berat. Kemudian pada TRIG II, 175 (54%) peserta didik dalam kategori kedukaan ringan, dan 150 (46%) peserta didik mengalami kedukaan berat. Berikutnya dalam TRIG II, dimensi non acceptance memiliki rata-rata paling besar yaitu 3,67. Dari 325 peserta didik, rata-rata item terbesar dengan skor 3,96, yang menggambarkan banyak peserta didik mengalami kehilangan minat pada keluarga, teman, dan aktivitas di luar setelah kematian orang terdekat. Kedukaan yang terjadi pada peserta didik bisa saja mempengaruhi konsentrasi belajar dan kehidupan sehari-hari, sehingga perlu adanya upaya Guru BK untuk membantu peserta didik memahami dan menyadari kedukaan yang dialami, sehingga dapat memproses duka dengan cara-cara yang efektif. ***** This study aims to determine the description of grief experienced by adolescent students at SMKN 62 Jakarta. The research sample used purposive sampling on X and XI grade students totaling 325 people who had experienced the death of the closest person. Researchers used a survey method with a used trial. Data collection was carried out by distributing questionnaires and instruments adapting the Texas Revised Inventory of Grief (TRIG), namely TRIG I (past grief) and TRIG II (current grief). The reliability test results on TRIG I in this study amounted to α = 0.882, and 0.945 on TRIG II. The validity test results show that all items on TRIG I and TRIG II are valid. The results revealed that the description of grief in adolescents who experienced the death of the closest person in TRIG I, as many as 98 (30%) students were in the mild category, and 227 (70%) students in the severe category. Then in TRIG II, 175 (54%) students were in the category of mild grief, and 150 (46%) students experienced severe grief. Next in TRIG II, the non-acceptance dimension had the largest average of 3.67. Of the 325 learners, the largest average item with a score of 3.96, which illustrates that many learners experience a loss of interest in family, friends, and outside activities after the death of a close person. Grief that occurs in learners can affect learning concentration and daily life, so it is necessary for counseling teachers to help learners understand and realize the grief experienced, so that they can process grief in effective ways.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Michiko Mamesah, M.Psi. ; 2). Wening Cahyawulan, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 20380 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2023 23:24
Last Modified: 13 Sep 2023 23:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42365

Actions (login required)

View Item View Item