PENGARUH EFEKTIVITAS SARANA PEMBELAJARAN DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA ANGKASA 1 JAKARTA

ASMALASARI, . (2023) PENGARUH EFEKTIVITAS SARANA PEMBELAJARAN DAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA ANGKASA 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan yang efektif adalah suatu pendidikan yang memungkinkan peserta didik belajar dengan mudah, menyenangkan dan mencapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Dalam mencapai tujuan tersebut, guru memperhatikan sarana pembelajaran yang digunakan dan mengatasi permasalahan dalam belajar. Dari hal tersebut yang menjadi masalah penelitian ini “apakah terdapat pengaruh Sarana Pembelajaran dan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Angkasa 1 Jakarta” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sarana pembelajaran dan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Angkasa 1 Jakarta jurusan IPS. Teknik pengambilan sampel sampling “Simple Random Sampling” dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan sebesar 5% diketahui bahwa jika jumlah populasi 66 maka jumlah sampel 55. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan pengolahan analisis data dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) adanya pengaruh positif dan signifikan sarana pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (2) adanya pengaruh positif dan siginifikan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa, dan (3) adanya pengaruh positif dan signifikan dari Sarana Pembelajaran dan bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Angkasa 1 Jakarta. Dilihat pada R-Square yaitu sebesar 0,376 atau 37,6% artinya bahwa variabel Sarana Pembelajaran dan bimbingan belajar mampu memberikan penjelasan (memiliki pengaruh) pada variabel hasil belajar sebesar 37,6%. Kata kunci: Sarana pembelajaran, bimbingan belajar, hasil belajar *** Effective education is an education that allows students to learn easily, pleasantly and achieve goals as expected. In achieving these goals, the teacher pays attention to the learning tools used and overcomes problems in learning. From this, the problem of this research is "is there any influence of learning facilities and tutoring on student learning outcomes in economics at SMA Angkasa 1 Jakarta" this study aims to identify and analyze learning facilities and tutoring on student learning outcomes. The method used is quantitative. The sample in this study was class XII SMA Angkasa 1 Jakarta majoring in social studies. The sampling technique of "Simple Random Sampling" using the tables of Isaac and Michael with an error rate of 5% is known that if the total population is 66 then the number of samples is 55. Data collection techniques in this study used primary and secondary data sources. The data analysis technique uses multiple regression analysis and data analysis processing with the SPSS application. The results of this study prove that (1) there is a positive and significant influence of learning media on student learning outcomes. (2) there is a positive and significant influence of tutoring on student learning outcomes, and (3) there is a positive and significant influence of Learning Facilities and tutoring on student learning outcomes in economics at SMA Angkasa 1 Jakarta. Looking at the R-Square, which is equal to 0.376 or 37.6%, it means that the Learning Facilities and tutoring variables are able to provide an explanation (have an influence) on the learning outcome variable of 37.6%. Keywords: Learning facilities, tutoring, learning outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Ketut R Sudiardhita, M.Si ; 2). Prof. Dr. Siti Nurjanah, S.E, M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 20674 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:55
Last Modified: 14 Sep 2023 06:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42454

Actions (login required)

View Item View Item