PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR DIVERGEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA

AJI SAPUTRA, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR DIVERGEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran dan berpikir divergen terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran fisika di SMA. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dan desain penelitian Treatment by level 2x2. Terdapat 71 sampel yang dipilih dengan purposive sampling. Penelitian ini melibatkan dua faktor yaitu model pembelajaran dan berpikir divergen. Selanjutnya interaksi kedua faktor tersebut diteliti terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan soal pilihan ganda. Pada penelitian ini berpikir divergen dikelompokkan menjadi dua, yaitu berpikir divergen tinggi dan berpikir divergen rendah. Pengelompokan tingkat berpikir divergen siswa menggunakan instrument soal essai. Pengelompokan tingkat berpikir divergen bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang diberikan model pembelajaran terhadap tingkat berpikir divergen siswa yang berbeda. Model pembelajaran terdiri dari model pembelajaran Treffinger dan model Problem Based Learning. Kelas eksperimen akan diberi perlakuan menggunakan model Treffinger dan kelas kontrol akan diberi perlakuan dengan model Problem Based Learning. Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut: 1) ada perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang diberi model Treffinger dan model Problem Based Learning, 2) ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan berpikir divergen terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kata kunci : Treffinger, berpikir divergen, kemampuan berpikir tingkat tinggi The aim of this research is to determine the effect of learning models and divergent thinking to higher order thinking skills in physics subjects at senior high school. This research used quasi-experimental method and treatment by level 2x2 research design. There are 71 samples was selected by purposive sampling. This research involves two factors, namely learning models and divergent thinking. Divergent thinking is divided into two groups, namely high divergent thinking and low divergent thinking. The grouping of students based on divergent thinking categories aims to determine the effect of learning model on various levels of students’ divergent thinking. The learning model consists of Treffinger learning and Problem Based Learning. The experimental class will be treated by Treffinger model and the control class will be treated by Problem Based Learning model. The conclusions of this study are as follows: 1) there are differences in the ability of higher order thinking skills who are given the Treffinger model and the Problem Based Learning model, 2) there is an interaction effect between learning models and divergent thinking toward higher order thinking skills. Keywords : Treffinger, divergent thinking, higher order thinking skills

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Prof. Dr. I Made Astra, M.Si 2) Prof. Dr. Yetti Supriyati Saefudin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 1095 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2020 16:35
Last Modified: 26 Mar 2020 16:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4247

Actions (login required)

View Item View Item