MODEL MEDIA KARTU KWARTET DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Penelitian Pengembangan di MTs Negeri 39 Jakarta)

HILDA SYA'ADAH, . (2023) MODEL MEDIA KARTU KWARTET DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Penelitian Pengembangan di MTs Negeri 39 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (698kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model media pembelajaran kartu kwartet dengan mengembangkan media pembelajaran bahasa arab yang interaktif, efektif dan menyenangkan, menggunakan kartu kwartet untuk siswa kelas VIII di MTs Negeri 39 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate). Dalam penelitian ini, terdapat lima tahapan dalam model ADDIE, yaitu: (1) Analisis kebutuhan peserta didik kelas VIII MTs Negeri 39 Jakarta terhadap media pembelajaran bahasa Arab menggunakan kartu kwartet, (2) Mendesain produk, (3) Pengembangan produk melalui penilaian dari ahli materi, dan ahli media, (4) Implementasi produk kepada peserta didik, (5) Mengevaluasi produk melalui angket yang diberikan kepada peserta didik. Pada penelitian ini peneliti mengembangkan Kartu Kwartet bahasa Arab, yang terdiri dari 2 bab materi pelajaran, yaitu materi bab olahraga dan profesi. Dalam masing-masing bab terdiri dari 20 buah kosakata. Hasil penelitian ini menganalisis kebutuhan 33 (100%) siswa yang membutuhkan media pembelajaran bahasa Arab yang menyenangkan dan bervariasi agar pembelajaran bahasa Arab tidak membosankan. 26 (78,7%) siswa merasa pembelajaran dengan menggunakan media visual seperti kartu kwartet menarik. Dan perancangan media kartu kwartet, untuk memenuhi kebutuhan dan permasalahan yang ada dalam pengembangan media kartu kwartet dalam pembelajaran bahasa arab. Pengembangan produk dilakukan dengan memberikan evaluasi desain produk. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi (Bapak Muhammad Eko Ibnu Soleh) Media ini mendapatkan nilai sebesar 98% dan masuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Penilaian ahli media (Ustadz Ikhwan Rahman Bahtiar, M.Pd) mendapatkan nilai sebesar 95% dan masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Pada tahap Implementasi diikuti oleh 33 siswa. Pada tahap evaluasi memperoleh skor penilaian siswa sebesar 96%, dan hasil ini termasuk ke dalam kategori “sangat layak”. Oleh karena itu, penggunaan model media kartu kwartet dalam pembelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas VIII MTs Negeri 39 Jakarta sudah tepat dan menarik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Kartu Kwartet.   ***** This study aims to develop a quartet card learning media model by developing interactive, effective and fun Arabic language learning media, using quartet cards for class VIII students at MTs Negeri 39 Jakarta. The method used in this research is the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate). In this study, there were five stages in the ADDIE model, namely: (1) Analyzing the needs of VIII grade students of MTs Negeri 39 Jakarta in Arabic learning media using quartet cards, (2) Designing products, (3) Product development through assessments from material experts, and media experts, (4) Implmentation of products for students, (5) Evaluate the product through a questionnaire given to students. In this study researchers developed Arabic Quartet Cards, which consisted of two chapters of subject matter, namely sports and professions chapter material. Each chapter consists of twenty pieces of vocabulary. The results of this study analyze the needs of 33 (100%) students who need Arabic learning media that is fun and varied so that Arabic learning is not boring. 26 students (78.7%) find learning by using visual media such as quartet cards interesting. And the design of quartet card media, to meet the needs and problems that exist in the development of quartet card media in learning Arabic. Product development is carried out by providing product design evaluation. Product assessment was carried out by material experts (Mr. Muhammad Eko Ibnu Soleh) This media received a score of 98% and fell into the "Very Feasible" category. The qualification of the media expert (Ustadz Ikhwan Rahman Bahtiar, M.Pd) received a score of 95% and fell into the "Very Feasible" category. The implementation stage was attended by 33 students. The evaluate obtained a student assessment score of 96%, and this result was included in the "very feasible" category. Therefore, the use of the quartet card media model in learning Arabic for class VIII students of MTs Negeri 39 Jakarta is appropriate and interesting. Keywords: Learning Media, Arabic Language, Quartet Cards.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Jubaidah, M.A. ; 2). Dr. Muhammad Kamal bin Abdul Hakim, M.A.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 20371 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2023 05:08
Last Modified: 18 Sep 2023 05:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42581

Actions (login required)

View Item View Item