PENGEMBANGAN PANDUAN CARA MEMBUAT BUKU AJAR BERBASIS HYPER READING UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNJ

ACEP AHMAD ARDIANSYAH, . (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN CARA MEMBUAT BUKU AJAR BERBASIS HYPER READING UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (687kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar cetak “Panduan Cara Membuat Buku Ajar Berbasis Hyper Reading”. Sasaran utama dari produk yang dikembangkan ini adalah mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan UNJ. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan alasan bahwa masih terdapat mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan UNJ yang masih keliru dalam membedakan antara modul dan buku ajar, sehingga akan berpengaruh dalam proses pengembangan. Di samping itu, dosen program studi Teknologi Pendidikan UNJ juga belum menyediakan panduan praktis mengenai cara membuat buku ajar yang dilengkapi dengan contoh untuk setiap tahapannya. Selain itu, melihat fenomena saat ini dimana buku ajar banyak digunakan oleh generasi digital native, maka dalam proses pengembangan perlu adanya penyesuaian dengan kebiasaan membaca seorang digital native yang dinamakan hyper reading. Maka dari itu, penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, dan tahap penulisan dan penyuntingan. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah Panduan Cara Membuat Buku Ajar Berbasis Hyper Reading yang menyajikan serangkaian langkah-langkah dalam membuat buku ajar dimulai dari menulis pendahuluan sampai dengan menulis bab dan telah mengimplementasikan kebiasaan membaca hyper reading yang berfokus pada bagian desain pesan buku ajar. Produk panduan ini telah melakukan tahapan expert review yang terdiri dari ahli materi dan ahli media serta telah melalui tahapan uji coba pengguna one to one dan field test. Berdasarkan data kualitatif yang diperoleh dari tahapan expert review dan uji coba pengguna dapat disimpulkan bahwa produk ini memiliki kualitas yang baik dan sudah layak untuk digunakan.*****This development research aims to develop printed learning materials, "Guidelines for Making Hyper Reading Based Textbooks". The main target of this product being developed is students of the UNJ Educational Technology study program. This development research was carried out because there were still students from the UNJ Educational Technology study program who were still mistaken in distinguishing between modules and textbooks which would influence the development process. In addition, the lecturers of the UNJ Educational Technology study program have not provided a practical guide on making textbooks complete with examples for each stage. Besides that, seeing the current phenomenon where textbooks are widely used by the digital native generation, in the development process it is necessary to make adjustments to the reading habits of a digital native which is called hyper reading. Therefore, this development research carried out using the Rowntree development model which consisted of three main stages: the planning stage, the writing preparation stage, and the writing and editing stage. The result of this development research is a Guide to Making Textbooks Based on Hyper Reading which presents a series of steps in making textbooks, from writing introductions to writing chapters and has implemented hyper reading habits that focus on the design section of textbook messages. This guide product has carried out expert review stages consisting of material and media experts and has gone through the stages of one-to-one user trials and field tests. Based on the qualitative data obtained from the expert review and user trials, it can be concluded that this product has good quality and is suitable for use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Diana Ariani, M.Pd. ; 2). Drs. Mulyadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 20503 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2023 01:44
Last Modified: 18 Sep 2023 01:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42673

Actions (login required)

View Item View Item