ELISA AZ-ZAHRA MAULIDIA, . (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (820kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (181kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri akademik pada mahasiswa tahun pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah alat ukur resiliensi akademik yang bernama Academic Resilience Scale (ARS-30) Yang disusun oleh Cassidy, sedangkan alat yang digunakan untuk mengukur efikasi diri adalah instrument The Academic Self Efficacy (ASES). Pada penelitian ini pengambilan sampel dengan teknik non-probability sampling dengan tipe sampling jenuh. Terdapat 150 sampel yang tediri dai usia 17-25 tahun. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan dan positif antara efikasi diri akademik terhadap resiliensi akademik dengan F hitung sebesar 81,027 yang artinya lebih besar dari F tabel yang bernilai 3,90 (F hitung > F tabel) dan memiliki signifikansi sebesar 0,00 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikansi (sig 0,00 < 0,05). Besarnya pengaruh antara efikasi diri akademik terhadap resiliensi akademik sebesar 35,4%. This study aims to determine the effect of academic self-efficacy on academic resilience in first-year students. This study uses a quantitative approach by using simple regression analysis. The measuring instrument used in this study is a measuring instrument for academic resilience called the Academic Resilience Scale (ARS-30) compiled by Cassidy, while the tool used to measure self-efficacy is The Academic Self Efficacy (ASES) instrument. In this study, sampling using non-probability sampling technique with saturated sampling type. There are 150 samples consisting of 17-25 years of age. The results of this study are that there is a significant and positive influence between academic self-efficacy on academic resilience with F count of 81,027 which means greater than F table which is worth 3.90 (F count> F table) and has a significance of 0.00 which means less than the significance level (sig 0.00 <0.05). The magnitude of the influence between academic self-efficacy on academic resilience is 35.4%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. phil. Zarina Akbar, M.Psi. 2). Fildzah Rudyah Putri, S.Psi., M.Si |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Users 20079 not found. |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 05:57 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 05:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42702 |
Actions (login required)
View Item |