PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ECOPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM

NURFANI INDAH PUTRI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ECOPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (969kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Penggunaan media pembelajaran yang menarik perlu dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Media pembelajaran berbasis ecopreneurship dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Ecopreneurship merupakan salah satu wirausaha yang berupaya menumbuhkan dan mempertimbangkan aspek lingkungan sebagai faktor penting dalam menjalankan usahanya. Pengembangan media pembelajaran berbasis ecopreneurship dilakukan dengan menggabungkan penggunaan teknologi sebagai sarana ramah lingkungan dengan media visual berupa lukisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis ecopreneurship untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi ekosistem. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan model Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2021/2022 di salah satu SMA di Jakarta. Hasil penelitian memiliki skor persentase rata-rata sebesar 90.83% dengan interpretasi “sangat layak” pada keseluruhan aspek penilaian. Pada pengukuran motivasi belajar dilakukan uji N-Gain, yang didapatkan skor gain 0.66 dengan kategori sedang dan didapat persentase gain skor sebesar 66.50% dengan tafsiran cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Learning media is an important factor in supporting the teaching and learning process in schools. The use of interesting learning media needs to be developed to increase students' learning motivation. Ecopreneurship-based learning media can increase students' learning motivation. Ecopreneurship is an entrepreneur who seeks to grow and consider environmental aspects as an important factor in running his business. The development of ecopreneurship-based learning media is carried out by combining the use of technology as an environmentally friendly means with visual media in the form of paintings. This study aims to develop an ecopreneurship-based learning media to increase student motivation in ecosystem material. This learning media was developed using the Borg and Gall model. This research was conducted in the 2021/2022 school year at a high school in Jakarta. The results of the study have an average percentage score of 90.83% with the interpretation of "very feasible" in all aspects of the assessment. In measuring learning motivation, the N-Gain test was carried out, which obtained a gain score of 0.6 in the moderate category and obtained a percentage gain score of 66.50% with a fairly effective interpretation for use in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si. ; 2). Dr. Mieke Miarsyah, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Kesenian > Seni (umum)
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 20778 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:58
Last Modified: 21 Sep 2023 04:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42787

Actions (login required)

View Item View Item