PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI "SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU YANG BERPARADIGMA GANDA" MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SMA

HANIFAH MUSLIMAH, . (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI "SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU YANG BERPARADIGMA GANDA" MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (960kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (825kB)
[img] Text
LAMPIRAN (15)-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi Sosiologi sebagai Ilmu yang Berparadigma Ganda sebagai penunjang materi pada pembelajaran Sosiologi, tujuan lain dari pengembangan ini adalah untuk mengetahui apakah video animasi Sosiologi sebagai Ilmu yang Berparadigma Ganda mampu untuk mengefektifkan pembelajaran Sosiologi di kelas X SMA. Model yang digunakan dalam penelitian ini merupakan model 4D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, development, dan disseminate. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya, wawancara pada tahap analisis kebutuhan, analisis awal, validasi ahli, uji coba pengguna. Pengumpulan data juga menggunakan angket untuk mengambil data pre-test dan post- test pada saat uji lapangan. Video animasi telah melalui tiga tahap validasi ahli yaitu validasi ahli desain pembelajaran, validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil dari validasi ahli desain pembelajaran menunjukkan video animasi dapat digunakan dengan revisi, kemudian validasi ahli materi menunjukkan video animasi dapat digunakan dengan revisi, sedangkan menurut hasil validasi ahli media video animasi dapat digunakan dengan revisi. Hasil uji terbatas menghasilkan video animasi layak untuk digunakan. Pada tahap uji lapangan berdasarkan hasil pre-test dan post-test dengan hasil nilai rata-rata pre-test 6,65/10 dan hasil rata-rata post-test 8,95/10. Berdasarkan hasil pretest dan post-test tersebut diketahui hasil t-Test sama dengan 0,01 yang artinya, video animasi menghasilkan perubahan yang signifikan dalam hasil belajar siswa, serta hasil N-Gain yang didapatkan adalah 0,71 yang termasuk ke dalam kategori sedang atau cukup efektif.***** This development research aims to produce animated videos of Sociology as a Dual-Paradigm Science as supporting material for Sociology learning, another purpose of this development is to find out whether animated videos of Sociology as a Dual-Paradigm Science are able to make Sociology learning in class X SMA effective. The model used in this research is Thiagarajan's 4D model which consists of four stages, namely define, design, development, and disseminate. Data collection used in this study included interviews at the needs analysis stage, initial analysis, expert validation, user trials. Data collection also used a questionnaire to collect pre-test and post-test data during the field test. The animated video has gone through three stages of expert validation, namely learning design expert validation, material expert validation and media expert validation. The results of the learning design expert validation show that the animated video can be used with revisions, then the material expert validation shows that the animated video can be used with revisions, while according to the results of the media expert validation the animated video can be used with revisions. The results of the limited test produced animated videos feasible to use. In the field test stage based on the results of the pre-test and post- test with an average pre-test score of 6.65/10 and an average post-test score of 8.95/10. Based on the results of the pretest and post-test, it is known that the t-Test results are equal to 0.01, which means that the animated video produces significant changes in student learning outcomes, and the N-Gain result obtained is 0.71 which is included in the medium or moderately effective category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Suprayekti, M. Pd.; 2) Drs. Zuhdy HS, M. Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19491 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2023 05:45
Last Modified: 29 Sep 2023 00:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42814

Actions (login required)

View Item View Item