SURVEI KEWARGANEGARAAN DIGITAL (DIGITAL CITIZENSHIP) PADA PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN JOHAR BARU, JAKARTA PUSAT

MOHAMMAD SHADIQ FAISHAL, . (2023) SURVEI KEWARGANEGARAAN DIGITAL (DIGITAL CITIZENSHIP) PADA PESERTA DIDIK KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN JOHAR BARU, JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB 1-1.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persentase tingkat kewarganegaraan digital (digital citizenship) pada peserta didik kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Metode penelitian yang diimplementasikan adalah survei dengan menggunakan instrumen kuesioner yang dirancang khusus untuk mengukur tiga elemen penting kewarganegaraan digital, yakni literasi digital, etika digital, serta hak dan kewajiban digital. Hasil utama penelitian mengindikasikan bahwa tingkat kewarganegaraan digital pada peserta didik kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, cenderung berada pada kategori tinggi. Dalam hal ini, terdapat 66 peserta didik yang termasuk dalam kategori tersebut, yang setara dengan persentase sebesar 77,6% dari total responden sebanyak 85 peserta didik. Dari temuan yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kewarganegaraan digital peserta didik telah mencapai tingkat yang tinggi dan dapat dianggap memadai. ***** This research aims to determine the overview of the percentage of digital citizenship among elementary school students (grade 4, 5, and 6) at State Elementary School in Johar Baru Subdistrict, Central Jakarta. The implemented research method is a survey using a questionnaire instrument designed to measure three main elements of digital citizenship: digital literacy, digital ethics, and digital rights and responsibilities. The main findings indicate that the level of digital citizenship among elementary school students (grade 4, 5, and 6) at State Elementary School in Johar Baru Subdistrict, Central Jakarta, tends to fall into the high category. In this context, there are 66 students who fall into this category, equivalent to a percentage of 77.6% of the total respondents, which amounted to 85 students. Based on these findings, it can be concluded that the level of digital citizenship among the students has reached a high and satisfactory level.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Linda Zakiah, M.Pd. ; 2). Drs. Adi Putra, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 20847 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:14
Last Modified: 05 Oct 2023 04:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43083

Actions (login required)

View Item View Item