PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PESERTA PMW UNJ

FILLAH LAILI RAHMAH, . (2023) PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PESERTA PMW UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PMW mendorong para mahasiswa untuk menumbuhkan niat berwirausaha. Mahasiswa yang sebelumnya takut untuk memulai bisnis sendiri, akan mulai tergerak mengikuti PMW. Era teknologi yang bekembang sedemikian pesatnya saat ini tentu menjadi nilai tambah dalam mempermudah mahasiswa berwirausaha. Dari hal tersebut yang menjadi masalah penelitian ini “apakah terdapat pengaruh literasi ekonomi dan literasi digital terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa peserta PMW UNJ” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis literasi ekonomi dan literasi digital terhadap intensi berwirausaha. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa peserta PMW UNJ. Teknik pengambilan sampel sampling “Simple Random Sampling” dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan sebesar 5% diketahui bahwa jika jumlah populasi 285 maka jumlah sampel 164. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan pengolahan analisis data dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) adanya pengaruh positif dan signifikan literasi ekonomi terhadap intensi berwirausaha, (2) adanya pengaruh positif dan siginifikan literasi digital terhadap intensi berwirausaha, dan (3) adanya pengaruh positif dan signifikan dari literasi ekonomi dan literasi digital terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa peserta PMW UNJ. Dilihat pada R-Square yaitu sebesar 0,109 atau 10,9% artinya bahwa variabel literasi ekonomi dan literasi digital mampu memberikan penjelasan (memiliki pengaruh) pada variabel intensi berwirausaha sebesar 10,9%. *** ESP encourages students to develop entrepreneurial intentions. Students who were previously afraid to start their own business will begin to be motivated to take part in ESP. The current era of technology that is developing so rapidly is certainly an added value in making it easier for students to become entrepreneurs. From p that's what happened problem study this “ is there is influence economic literacy and digital literacy to Entrepreneurial intentions among students participating in ESP UNJ " research This aim For know and analyze economic literacy and digital literacy to entrepreneurial intentions . Method which is used is quantitative . Deep sample study This is student ESP UNJ participants. Retrieval technique sample sampling "Simple Random Sampling" with use table Isaac and Michael with level error 5 % is known that If amount population 285 so amount sample 164 . Deep data collection techniques study This use primary data source . Analysis techniques data using analysis regression multiple and processing data analysis with SPSS application . Research results This prove that (1) exists influence positive and significant economic literacy to entrepreneurial intention, (2) existence influence positive and significant digital literacy to entrepreneurial intention , and (3) existence influence positive and significant from literacy economics and digital literacy _ _ to Entrepreneurial intentions among students participating in ESP UNJ . Viewed on the R-Square , namely of 0.109 _ or 10 , 9 % means that variable economic literacy and digital literacy capable give explanation ( have influence ) on variable entrepreneurial intentions as big as 10 , 9 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd ; 2). Dr. Suparno, S.Pd, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Fillah Laili Rahmah .
Date Deposited: 13 Oct 2023 01:31
Last Modified: 13 Oct 2023 01:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43127

Actions (login required)

View Item View Item