IMPLEMENTASI PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA PELATIHAN MENULIS OPINI DI TEMPO INSTITUTE

DEA NAFERTA, . (2024) IMPLEMENTASI PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA PELATIHAN MENULIS OPINI DI TEMPO INSTITUTE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (974kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini secara garis besar bertujuan untuk mengetahui lebih dalam terkait implementasi prinsip pembelajaran orang dewasa pada program pelatihan menulis opini yang diselenggarakan oleh Tempo Institute. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah pengajar atau narasumber, fasilitator, dan peserta pelatihan menulis opini yang diselenggarakan oleh Tempo Institute pada 6-8 Desember 2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh sebelumnya, dianalisis dengan adanya proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa implementasi prinsip pembelajaran orang dewasa pada pelatihan menulis opini di Tempo Institute masih perlu ditingkatkan. Secara umum, prinsip pembelajaran orang dewasa seperti akumulasi pengalaman, konsep diri, kesiapan belajar, orientasi belajar sudah diterapkan dengan cukup baik. Namun, berkaitan dengan prinsip pembelajaran orang dewasa yang memiliki kebutuhan untuk mengetahui dan motivasi belum diterapkan secara optimal. Kondisi tersebut terjadi karena tidak adanya kesempatan bagi peserta pelatihan untuk turut berpartisipasi dalam proses perencanaan pelatihan, kurangnya informasi terkait urgensi mengapa peserta perlu mempelajari materi yang akan dibahas serta minimnya upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan. ***** In general, this research aims to find out more about the implementation of adult learning principles in the opinion writing training program organized by Tempo Institute. This research uses qualitative research methods with descriptive research type. The subjects in this research were teachers or resource persons, facilitators, and participants in opinion writing training held by Tempo Institute on December 6-8, 2022. Data collection techniques in this research were carried out through a process of observation, interviews, and documentation. Furthermore, the previously obtained data was analyzed using a process of data reduction, data collection and drawing conclusions. The results of this research found that the implementation of adult learning principles in opinion writing training at the Tempo Institute still needs to be improved. In general, adult learning principles such as accumulation of experience, self-concept, readiness to learn, learning orientation have been implemented quite well. However, with regard to the principles of adult learning which have a need to know and motivation, they have not been implemented optimally. This condition occurs because there is no opportunity for training participants to participate in the training planning process, lack of information regarding the urgency of why participants need to study the material to be discussed and minimal efforts to increase training participants' learning motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr Daddy Darmawan, M.Si. ; 2). Intan Purnama Dewi, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 21346 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:06
Last Modified: 12 Feb 2024 01:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43597

Actions (login required)

View Item View Item