IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X, SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA

NAAFILA NOOR DANICA, . (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X, SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Geografi serta faktor-faktor apa saja yang dapat menjadi pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deksriptif kualitatif. Informan kunci pada penelitian ini adalah 1 orang wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan informan pendukung adalah 1 orang guru mata pelajaran geografi kelas X, 2 orang perwakilan peserta didik dari setiap kelas, 2 orang perwakilan orang tua peserta didik, 2 orang guru mata pelajaran lain, serta 1 orang perwakilan dari masyarakat. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran geografi kelas X dimulai dari fase perencanaan yang sudah mengembangkan KOSP, ATP, Pembelajaran dan Asesmen, Pengembangan Perangkat Ajar serta Perencanaan P5 sesuai kondisi sekolah dan melakukan penyesuaian berdasarkan kebutuhan peserta didik, selain itu terdapat sesi pengembangan secara kolaboratif melalui kegiatan IHT (In House Training). Pada fase pelaksanaan pembelajarannya, guru sudah melakukan asesmen formatif, menerapkan P5 sesuai anjuran dan inisiatif peserta didik, serta melibatkan masyarakat untuk mendukung pembelajaran. Guru juga sudah menggunakan metode yang bervariasi, berpusat pada peserta didik berdasarkan mayoritas di kelasnya, memberikan konsultasi tentang wawasan profesi, serta memberikan kesempatan bagi peserta didik menentukan mata pelajaran pilihan. Namun tidak ada kolaborasi antar guru dikarenakan hanya ada satu guru geografi yang mengajar di kelas X, sedangkan kolaborasi dengan guru lain untuk keperluan P5 sudah dilaksanakan. Komunikasi yang dilakukan kepada orang tua peserta didik serta evaluasi dari pihak sekolah yang dilakukan masih cenderung tergolong satu arah. Faktor pendukung implementasi ini berupa dukungan yayasan, kelengkapan fasilitas sekolah, dan kesiapan guru. Sedangkan faktor penghambat berupa kekhawatiran guru terkait kekurangan jam karena ditakutkan beberapa guru tidak mendapat jam mengajar yang dianjurkan dan pandangan guru senior yang sulit menerima perubahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr.Sc. Ahman Sya, M.Pd., M.Sc. ; 2). Fauzi Ramadhoan A’Rachman, S.Pd., M.Sc.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 20999 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:59
Last Modified: 29 Jan 2024 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43624

Actions (login required)

View Item View Item